Hubungan Antara Adversity Quotient Dan Kematangan Karir Dengan Prestasi Ak Ademik Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta

HERATRIE , ARSTITY (2012) Hubungan Antara Adversity Quotient Dan Kematangan Karir Dengan Prestasi Ak Ademik Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
TITY_COVER.pdf

Download (150kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
TITY_1.pdf

Download (32kB)
[img] PDF (Bab II)
TITY_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (66kB)
[img] PDF (Bab III)
TITY_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (73kB)
[img] PDF (Bab IV)
TITY_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (136kB)
[img] PDF (Bab V)
TITY_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA_.pdf

Download (16kB)
[img] PDF (Lampiran)
TITY_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (221kB)

Abstract

Kualitas mahasiswa dapat dilihat dari prestasi akademik yang diraihnya. Terdapat berbagai hal dan masalah yang dapat merintangi mahasiswa dalam meraih prestasi akademik yang optimal. Mahasiswa memerlukan Adversity Quotient yang baik yaitu sikap seseorang dalam mengubah tantangan atau hambatan menjadi sebuah peluang untuk meraih tujuan atau kesuksesan. Kematangan karir juga seharusnya dimiliki oleh mahasiswa yaitu kesiapan individu untuk merancang, menentukan pilihan, dan mengambil keputusan-keputusan terhadap pekerjaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) hubungan antara Adversity Quotient , kematangan karir dengan prestasi akademik, 2) peran Adversity Quotient terhadap prestasi akademik, 3) peran kematangan karir terhadap prestasi akademik. Hipotesis mayor dalam penelitian ini adalah ada hubungan antara Adversity Quotient dan kematangan karir dengan prestasi akademik mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa angkata n 2009 Fakultas Psi kologi Universitas Muhammadiyah Surakarta. Sampel yang digunakan sebanyak 110 mahasiswa. Teknik sampling yang digunakan merupakan Incidental Sampling. Hasil analisis regresi pearson’s correlation menunjukkan bahwa tidak ada hubungan antara Adversity Quotient dan kematangan karir dengan prestasi akademik mahasiswa yaitu dengan nilai koefisien korelasi sebesar R = 0,158 dan p = 0,254 (p < 0,05). Sedangkan dengan analisis product moment antara Adversity Quotient dengan prestasi akademik diperole h hasil r = 0,156 dan p = 0,052 (p < 0,05), kontribusi Adversity Quotient terhadap prestasi akademik sebesar 2,4 %. Antara kematangan karir dengan prestasi akademik mempunyai nilai koefisien korelasi sebesar 0,078 dan p = 0,104 (p < 0,05), kontribusi kematangan karir terhadap prestasi akademik sebesar 0,6 %. Subyek penelitian memiliki Adversity Quotient yang tinggi, nilai rerata empirik (RE) sebesar 99,36 dan rerata hipotetik (RH) sebesar 82,5. Subyek penelitian juga memiliki kematangan karir yang tinggi dengan rerata empirik (RE) sebesar 107,76 da n rerata hipotetik (RH) sebesar 90. Prestasi Akademik subyek penelitian te rgolong cukup dengan rerata empirik (RE) prestasi akademik sebesar 2,82.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Adversity Quotient, kematangan karir, prestasi akademik.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 27 Apr 2012 10:06
Last Modified: 27 Apr 2012 12:02
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18331

Actions (login required)

View Item View Item