Dampak Full Day School Terhadap Perkembangan Sosial Anak Di Sekolah Dasar Islam Internasional Al Abidin Surakarta Tahun Pelajaran 2010/2011

Susanto, Eko (2012) Dampak Full Day School Terhadap Perkembangan Sosial Anak Di Sekolah Dasar Islam Internasional Al Abidin Surakarta Tahun Pelajaran 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (256kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (232kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (245kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (337kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (159kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (62kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (77kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (227kB)

Abstract

Penerapan full day school atau sekolah sehari penuh akan membawa dampak bagi siswa. Terlebih dalam hal bersosialisasi dengan lingkungannya, karena waktu mereka banyak digunakan untuk belajar di sekolah, sehingga waktu yang digunakan untuk berinteraksi dengan keluarga dan masyarakat di lingkungannya menjadi berkurang. Dari keadaan tersebut muncul pertanyaan. Apakah jumlah waktu belajar yang banyak itu mempengaruhi perkembangan sosial anak ? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak full day school terhadap perkembangan sosial anak di Sekolah Dasar Islam Internasional Al Abidin Surakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, metode, wawancara, Observasi dan dokumentasi. Adapun analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang terdiri dari tiga bagian yaitu pengumpulan data sekaligus reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya dampak positif dan dampak negatif dari pelaksanaan full day school terhadap perkembangan sosial anak. Dampak positif pelaksanaan full day school terhadap perkembangan sosial anak di SDII Al Abidin Surakarta adalah: siswa lebih mudah bergabung dalam bersosialisasi karena hubungan mereka yang lebih intens, baik dengan teman maupun dengan guru, dengan program-program khusus yang diselenggarakan di sekolah ternyata juga memberi dampak yang positif terhadap perkembangan sosial anak. SDII Al Abidin Surakarta juga mempunyai target tugas perkembangan sosial yang harus dicapai siswa dengan hal tersebut akan memberikan dampak yang positif karena SDII Al Abidin Surakarta dapat membimbing dan mengevaluasi perkembangan sosial siswanya lebih terarah, sehingga dapat mencapai indikator yang telah ditentukan. Dampak negatif pelaksanaan full day school terhadap perkembangan sosial anak di SDII Al Abidin Surakarta adalah kurangnya waktu siswa berinteraksi dengan keluarga dan masyarakat di lingkungannya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: Rak G000/2012-18
Uncontrolled Keywords: Full day school, Perkembangan sosial, anak
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 27 Apr 2012 09:03
Last Modified: 04 Jul 2012 05:53
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18324

Actions (login required)

View Item View Item