Pelaksanaan Evaluasi Dalam Pembelajaran Pendidikan Akhlak (Studi Kasus pada Kelas XI MAN 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2010/2011)

Alwanudin, M. Alifah (2012) Pelaksanaan Evaluasi Dalam Pembelajaran Pendidikan Akhlak (Studi Kasus pada Kelas XI MAN 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2010/2011). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._Halaman_Depan.pdf

Download (417kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_1.pdf

Download (158kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (370kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (149kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (27kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (110kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._Daftar_Pustaka.pdf

Download (78kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (438kB)

Abstract

Pendidikan Akhlak merupakan pendidikan perilaku, suatu proses mendidik, supaya membentuk akhlak yang mulia. Di MAN 2 Surakarta, pendidikan Akhlak merupakan mata pelajaran wajib yang diajarkan kepada siswanya, oleh karena itu untuk mengetahui sejauh mana pelajaran pendidikan Akhlak dikuasai oleh siswa MAN 2 Surakarta perlu diadakan evaluasi. Evaluasi merupakan salah satu kegiatan utama yang harus dilakukan oleh seorang guru dalam kegiatan pembelajaran. Dengan evaluasi, guru akan mengetahui perkembangan hasil belajar, intelegensi, bakat khusus, minat, hubungan sosial, sikap dan kepribadian siswa atau peserta didik. Dalam pelaksanaan evaluasi guru berwenang untuk menentukan kriteria keberhasilan, cara dan jenis penilaian. Oleh karena itu, evaluasi yang dilakukan diharapkan mengacu pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), dimana pembelajaran dan penilaian sudah sesuai dengan standar kompetensi. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan pelaksanaan evaluasi dalam pembelajaran pendidikan Akhlak pada kelas XI MAN 2 Surakarta. Manfaat penilitian ini, diharapkan mampu menambah khasanah keilmuan dan pengetahuan dalam dunia pendidikan pada umumnya dan khususnya mengenai penilaian kelas pada mata pelajaran pendidikan Akhlak tingkat MA/SMA. Selain itu, penelitian ini juga bermanfaat bagi penulis untuk dapat dijadikan sebagai sebuah rujukan yang lebih kongkrit apabila nantinya berkecimpung dalam dunia pandidikan, khususnya pengembangan evaluasi pada mata pelajaran pendidikan Akhlak bagi MAN 2 Surakarta, dan bagi sekolah penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai rujukan dan pertimbangan dalam melaksanakan evaluasi pembelajaran. Adapun permasalahannya dirumuskan sebagai berikut: “Bagaimanakah pelaksanaan evaluasi dalam pembelajaran pendidikan akhlak pada kelas XI MAN 2 Surakarta?” Jenis penelitian ini adalah penilitian lapangan (field research). Untuk memperoleh data penilaian ini menggunakan metode dokumentasi, wawancara dan observasi. Adapun penilitian ini dianalisis secara induktif yaitu analisa yang dimulai dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data serta verifikasi data (Miles Huberman, 1992 : 20). Hasil penilitian ini menunjukkan bahwa evaluasi pembelajaran pendidikan Akhlak di MAN 2 Surakarta sudah berjalan sesuai dengan KTSP meski belum maksimal dikarenakan terbatasnya waktu yang tersedia. Evaluasi pada pembelajaran pendidikan Akhlak di MAN 2 Surakarta diawali dari berbagai tahap dimana setiap tahap saling berhubungan untuk menghasilkan evaluasi yang mendekati sempurna. Tahap pertama, persiapan yaitu perencanaan evaluasi. Tahap kedua pelaksanaan evaluasi. Tahap ketiga analisis hasil penilaian. Tahap keempat, tindak lanjut hasil analisis. Tahap kelima pelaporan hasil penilaian yang dilaporkan secara tertulis kepada orangtua siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Akhlak, KTSP
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Tarbiyah
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 27 Apr 2012 06:00
Last Modified: 27 Apr 2012 09:36
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18319

Actions (login required)

View Item View Item