Hubungan Pendidikan Baitul Arqam dengan Perilaku Berpakaian Islami bagi Mahasiswa Fakultas Farmasi Universitas Muhammadiyah Surakarta Tahun Akademik 2011/2012

Syakban, Ismail (2012) Hubungan Pendidikan Baitul Arqam dengan Perilaku Berpakaian Islami bagi Mahasiswa Fakultas Farmasi Universitas Muhammadiyah Surakarta Tahun Akademik 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (246kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (127kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (144kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (139kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (201kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (54kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (43kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (78kB)

Abstract

Para remaja (termasuk di dalamnya mahasiswa baru perguruan tinggi) sedang mengalami kegoncangan jiwa. Mereka digelisahkan oleh perasaan-perasaan yang ingin melawan keadaan, karena takut tidak lulus atau gagal. Di samping itu mereka juga lebih gelisah lagi melihat keadaan sosial mahasiswa lainnya karena adanya pandangan-pandangan yang kurang pantas dan tidak sesuai berada di dunia kampus Islam. Seperti adanya mahasiswi yang berpakaian sangat ketat atau berpakaian yang tidak sesuai dengan syari’at Islam. Dalam keadaan seperti itu, tuntunan untuk berpakaian sesuai syari’at Islam menjadi solusi bagi permasalahan tersebut. Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) merupakan salah satu bentuk Amal Usaha Muhammadiyah yang bergerak dalam bidang pengajaran dan pendidikan. Mahasiswa baru UMS angkatan 2011 mendapat materi mengenai Al-Islam dan Kemuhammadiyahan dengan metode Baitul Arqam. Hal yang menarik dan kemudian menjadi alasan kenapa penelitiaan ini dilakukan ialah apakah kemudian pelaksanaan Baitul Arqam dengan jangka waktu yang relatif singkat (4 hari 3 malam) memiliki hubungan dengan perilaku mahasiswa dalam berpakaian Islami? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pendidikan Baitul Arqam dengan perilaku mahasiswa Fakultas Farmasi angkatan 2011 dalam berpakaian Islami. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) karena data-datanya didapatkan dari lapangan yang berasal dari mahasiswa Fakultas Farmasi angkatan 2011. Metode pengumpulan data adalah metode angket sebagai metode pokok, metode dokumentasi untuk memperoleh data tentang profil UMS dan seputar pendidikan Baitul Arqam. Model analisis penelitian adalah kuantitatif. Berdasarkan penelitian dan analisis data diperoleh kesimpulan bahwa: setelah data diolah dengan korelasi spearman tata-jenjang diperoleh rho = 0,355. Kemudian angka tersebut diukur dengan tebel Koefisien Korelasi Spearman, dengan N=28. Pada level signifikasi 5% didapat nilai 0,317 atau 0,355>0,317 dan pada level signifikasi 1% didapat nilai 0,448 atau 0,355<0,448. Ini berarti ada hubungan antara variable X (Pendidikan Baitul Arqam) dengan variable Y (Perilaku Berpakaian Islami) pada Mahasiswa Fakultas Farmasi angkatan 2011.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Baitul Arqam, Perilaku dalam Berpakaian Islami, Mahasiswa Fakultas Farmasi angkatan 2011
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 27 Apr 2012 05:11
Last Modified: 27 Apr 2012 09:48
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18315

Actions (login required)

View Item View Item