Dampak Sertifikasi Terhadap Kinerja Guru di SD Negeri Sendangwungu 2 Kecamatan Banjarejo, Kabupaten Blora Tahun Ajaran 2011/2012

Mahbub, Muhammad Saiful (2012) Dampak Sertifikasi Terhadap Kinerja Guru di SD Negeri Sendangwungu 2 Kecamatan Banjarejo, Kabupaten Blora Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (240kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (118kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (165kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (180kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (135kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (106kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (28kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN_BELAKANG.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Sertifikasi merupakan salah satu usaha pemerintah dalam meningkatkan profesionalisme kinerja guru dalam mengemban amanat sebagai pendidik dalam satuan pendidikan. Guru yang benar-benar memiliki kompetensi, maka ia akan memiliki kinerja yang baik.. Hal inilah yang dilakukan oleh guru di SD Negeri Sendangwungu 2 Kecamatan Baanjarejo, Kabupaten Blora bahwa beberapa diantara guru yang ada telah mengikuti sertifikasi guna meningkatkan kinerjanya. SD Negeri Sendangwungu 2 merupakan salah satu sekolah yang mengutamakan kualitas pendidikan, sehingga guru-guru di SD Negeri Sendangwungu 2 tersebut diberi fasilitas berupa sarana dan prasarana serta pelatihan-pelatihan yang bertujuan untuk meningkatkan kinerjanya sebagai tenaga pendidik. Dari sinilah, penulis tertarik untuk melakukan penelitian terkait usaha peningkatan kualitas pendidikan di SD Negeri Sendangwungu 2 Kecamatan Banjarejo. Dengan demikian penulis mengambil judul “Dampak Sertifikasi Terhadap Kinerja Guru di SD Negeri Sendangwungu 2 Kecamatan Banjarejo Kabupaten Blora Tahun Pelajaran 2011/2012”. Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah adakah dampak sertifikasi terhadap kinerja guru di SDN Sendangwungu 2 Kecamatan Banjarejo Kabupaten Blora Tahun Pelajaran 2011/2012, serta faktor pendukung dan faktor penghambatnya. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dampak sertifikasi terhadap kinerja guru di SDN Sendangwungu 2 Kecamatan Banjarejo Kabupaten Blora Tahun Pelajaran 2011/2012, serta mendekripsikan faktor pendukung dan faktor penghambat sertifikasi terhadap kinerja guru tersebut. Jenis penelitian ini adalah lapangan, dengan 4 orang guru dan kepala sekolah. Adapun metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah wawancara, dokumentasi dan observasi. Setelah melakukan analisis data dengan menggunakan metode deskripsi kualitatif, maka diperoleh kesimpulan: 1) Pelaksanaan Sertifikasi Guru SD Negeri Sendangwungu 2 Kecamatan Banjarejo, Kabupaten Blora dilaksanakan dibawah naungan Pendidikan Nasional (Diknas) dan Kementerian Agama. 2) Dampak Sertifikasi Terhadap Kinerja Guru di SD Negeri Sendangwungu 2 Kecamatan Banjarejo Kabupaten Blora meliputi Perencanaan pembelajaran, Pelaksanaan Pembelajaran, Penggunaan Media, dan Evaluasi/penilain pembelajaran. 3) Faktorfaktor yang mempengaruhi kinerja guru di SD Negeri Sendangwungu 2 meliputi: Pertama, faktor internal, yaitu Motivasi, kemampuan dan kecakapan yang dimiliki oleh guru dan kepribadian. Kedua, faktor eksternal : gaji, suasana lingkungan kerja, penghargaan bagi guru yang berprestasi, dan sarana yang menunjang.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Dampak, Sertifikasi, SD Negeri Sendangwungu 2 Kecamatan Banjarejo
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 27 Apr 2012 04:23
Last Modified: 27 Apr 2012 12:15
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18314

Actions (login required)

View Item View Item