Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an Anak Di SD Al Irsyad Surakarta Tahun Ajaran 2010/2011

Abdullah AS Syafi'i, Muhammad (2012) Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an Anak Di SD Al Irsyad Surakarta Tahun Ajaran 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Hal Depan)
HALAMAN_DEPAN

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB_1.pdf

Download (409kB)
[img] PDF (Bab 2)
BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (489kB)
[img] PDF (Bab 3)
BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (877kB)
[img] PDF (Bab 4)
BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (213kB)
[img] PDF (Bab 5)
BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (133kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (146kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Sekolah dan orang tua mempunyai tanggung jawab untuk membimbing anak didiknya. Tetapi tanggung jawab sekolah berbeda dengan tanggung jawab orang tua di rumah. Tanggung jawb orang tua adalah mendidik anak dirumah. Kalaupun tugas dan tanggung jawab orang tua dilimpahklan kepada guru di sekolah. Akan tetapi tugas guru hanya membantu orang tua dan bukan mengambil alih tanggung jawab orang tua sepenuhnya. Sekolah Dasar islam al Irsyad Surakarta berusaha mencetak generasi yang mampu hafal Al-Qur’an minimal 1 juz. Anak Menghafal Al-Qur’an dibiasakan sejak dini yaitu dari kelas satu sampai kelas enam. Berdasarkan latar berlakang tersebut, maka permasalahan yang akan diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peran orang tua dalam meningkatkan hafalan Al-Qur’an anak di Sekolah Dasar al Irsyad Surakarta?, Apa pendorong dan penghambat orang tua dalam meningkatkan hafalan Al-Qur’an anak?. Berkaiatan dengan masalah yang dirumuskan di atas maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah peran orang tua dalam meningkatkan hafalan Al-Qur’an siswa siswi SD al Irsyad Surakarta dan yang menjadi pendorong dan penghambat peran orang tua dalam meningkatkan hafalan Al-Qur’an anak di Sekolah Dasar al Irsyad Surakarta. Dengan tujuan tersebut diharapkan penelitian ini dapat bermanfaat untuk menambah sumbangan pemikiran bagi pengembangan pendidikan dan aktivitas sekolah dan serta sebagai bahan evaluasi terhadap orang tua yang menjalankan perannya. Searah dengan tujuan penelitian tersebut maka jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), dengan pendekatan deskriptif menggunakan purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, interview/wawancara, dokumentasi, dan analisis data. Analisis data bersifat deskriptif kualitatif dan menggunakan cara pentahapan secara berurutan serta interaksionis. Dari hasil penelitian dan analisis data serta kesimpulan didapatkan bahwa peran orang tua dalam meningkatkan hafalan Al-Qur’an anak di sekolah dasar al Irsyad Surakarta sebagai berikut : 1. pengontrol hafalan Al-Qur’an anak, 2. pembimbing anak menghafal Al-Qur’an. Dalam membimbing menghafal untuk meningkatkan hafalan Al-Qur’an orang tua menggunakan beberapa metode di antaranya : a. membaca sebelum mulai menghafal, b. istikror, c. menghafal ayat-perayat, d. menggunakan alat teknologi dalam mengajarkan hafalan Al-Qur’an, e. menciptakan lingkungan yang kondusif, memprogram hafalan Al-Qur’an anak, f. memotivasi. Adapun pendorong dan penghambat orang tua dalam meningkatkan hafalan Al-Qur’an anak di sekolah dasar al Irsyad Surakarta adalah sebagai berikut yang menjadi pendorong : 1. mendambakan anak yang shalih dan shalihah, 2. menginginkan tercapainya target yang telah ditetapkan oleh sekolah, 3. kemampuan orang tua membaca Al-Qur’an, 4. faktor ekonomi yang cukup, 5. kondusif lingkungan rumah dan masyarakat. Sedangkan yang menjadi penghambat peran orang tua dalam meningkatkan hafalan Al-Qur’an anak adalah 1. minimnya kemampuan dan pengetahuan orang tua tentang Al-Qur’an, sibuk mencari nafkah dan malas. Kata kunci: hafalan, peran orang tua, kerjasama antara orang tua dan sekolah

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: Rak G000/2012-16
Uncontrolled Keywords: hafalan, peran orang tua, kerjasama antara orang tua dan sekolah
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Mr. Edy Suparno
Date Deposited: 26 Apr 2012 11:35
Last Modified: 18 Nov 2019 03:29
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18313

Actions (login required)

View Item View Item