Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Agama Islam (Studi Kasus di SMA Muhammadiyah 3 Surakarta Tahun 2011/2012)

APPANDI, HOER (2012) Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Agama Islam (Studi Kasus di SMA Muhammadiyah 3 Surakarta Tahun 2011/2012). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (327kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (152kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (307kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (200kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (80kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (52kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (83kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (135kB)

Abstract

Pemberian kewenangan penuh kepada sekolah dan guru dalam mengatur, merencanakan, mengorganisasi, mengawasi, mempertanggungjawabkan, dan memimpin sumber daya insani serta barang-barang untuk membantu pelaksanaan pembelajaran yang sesuai dengan tujuan sekolah merupakan inti dari konsep manajemen berbasis sekolah (MBS). SMA Muhammadiyah 3 Surakarta adalah salah satu lembaga pendidikan swasta yang saat ini sudah menerapkan manajemen berbasis sekolah. hal ini didasari dengan adanya partisifasi masyarakat yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas sekolah pada umumnya, dan peningkatan mutu pendidikan Agama Islam pada khususnya. Dari latar belakang tersebut, penulis tertarik untuk meneliti lembaga ini dengan tujuan untuk mengetahui penerapan manajemen berbasis sekolah dan peningkatan mutu pendidikan agama Islamnya. Bagaimanakah manajemen diterapkan dalam peningkatan mutu pendidikan agama Islamnya, serta adakah faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan manajemen berbasis sekolah dan peningkatan mutu pendidikan agama Islam. Jenis penelitian ini termasuk penelitian lapangan, adapun pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Dalam pengumpulan data penulis menggunakan metode observasi, interview, dan dokumentasi. Adapun penelitian ini dianalisis dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa SMA Muhammadiyah 3 Surakarta adalah lembaga pendidikan swasta yang sangat menonjolkan sekolah yang berasaskan Islam yaitu memadukan kurikulum nasional dengan diniyyah, sarana prasarana yang cukup baik, manajemen tenaga kependidikan dalam perekrutan guru pendidikan agama Islam, menerapkan syarat-syarat dan tes, serta yang berbasic lulusan pesantren, dll. Lembaga tersebut juga telah memiliki pola manajerial yang baik dan sesuai dengan kosep manajemen berbasis sekolah. dibuktikan dengan adanya kelengkapan komponen manajemen sekolah serta konsep kepemimpinan yang terbuka dan demokratis. Faktor pendukung diantaranya adalah dari masyarakat, hal ini dengan banyaknya animo masyarakat untuk memasukan putra-putrinya manjadi siswa di lembaga tersebut. Meskipun demikian dalam pelaksanaan manajerialnya terdapat beberapa kekurangan yang harus di perbaiki, diantaranya adalah kurang sumber dana dan dukungan orang tua dan siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MBS dan Peningkatan Mutu Pendidikan Agama Islam
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Agama Islam > Tarbiyah
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 26 Apr 2012 11:31
Last Modified: 26 Apr 2012 11:32
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18312

Actions (login required)

View Item View Item