Hubungan Antara Pengasuhan Dan Motivasi Belajar Santriwati (Studi Empirik di Pondok Pesantren Ta’mirul Islam Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012)

Islamiyati, Nurul (2012) Hubungan Antara Pengasuhan Dan Motivasi Belajar Santriwati (Studi Empirik di Pondok Pesantren Ta’mirul Islam Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (389kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (60kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (111kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (69kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pesantren memiliki peranan penting dalam sejarah pendidikan di tanah air dan telah banyak memberikan sumbangan dalam mencerdaskan rakyat. Hal ini mengharuskan pesantren untuk menerapkan pengasuhan sedemikian rupa sehingga dapat mengoptimalkan proses pendidikan dan pembelajaran yang dilakukan untuk menyiapkan lulusan pesantren yang berkualitas serta memiliki keunggulan, baik keunggulan kompetitif maupun komparatif. Hal ini pula yang dilakukan Pondok Pesantren Ta’mirul Islam Surakarta. Dalam skripsi ini penulis tertarik untuk mengadakan penelitian lebih lanjut Tentang Hubungan Antara Pengasuhan dan Motivasi Belajar Santriwati di Pondok Pesantren Ta’mirul Islam. Penelitian ini dilakukan dengan dua tujuan yaitu: untuk menambah khasanah keilmuan bagi penulis tentang hubungan antara pengasuhan dan motivasi belajar santriwati, serta untuk memberikan sumbangan saran dan pemikiran bagi para pengasuh di Pesantren Ta’mirul Islam Surakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian ganda yang memadukan dua pendekatan yakni kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diambil dari angket yang disebar kepada santriwati, sedangkan data kualitatif diambil dari angket dan observasi lapangan. Hasil analisis kuantitatif menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara pengasuhan dan motivasi belajar santriwati di pondok pesantren Ta’mirul Islam Surakarta tahun pelajaran 2011/2012. Hasil ini didukung oleh hasil analisis statistik dengan r hitung sebesar 0.511 > dari r tabel sebesar 0.312. Sedangkan hasil penelitian kualitatif menunjukkan bahwa pengasuhan santriwati yang dijalankan secara optimal akan memberikan sumbangan kepada santriwati dalam peningkatan belajar. Dari hasil penelitian tersebut, penulis merekomendasikan saran kepada seluruh ustadzah tidak hanya memposisikan diri sebagai pendidik, akan tetapi memperlakukan diri sebagai pengasuh pula, sebab tugas kepengasuhan tidak hanya berhenti pada kyai ataupun pihak tertentu yang menjadi bagiannya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengasuhan, Motivasi Belajar Santriwati, dan Pesantren
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 26 Apr 2012 11:21
Last Modified: 26 Apr 2012 11:21
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18311

Actions (login required)

View Item View Item