Konsep Pendidikan Karakter Berbasis Potensi Diri Dalam Film The Miracle Worker

Suseno, Aris (2012) Konsep Pendidikan Karakter Berbasis Potensi Diri Dalam Film The Miracle Worker. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02.HALAMAN_JUDUL.pdf

Download (380kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03.BAB_I.pdf

Download (191kB)
[img] PDF (Bab II)
04.BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (334kB)
[img] PDF (Bab III)
05.BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (315kB)
[img] PDF (Bab IV)
06.BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (175kB)
[img] PDF (Bab V)
07.BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08.DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (94kB)
[img] PDF (Lampiran)
09.LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (182kB)

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan dan tekhnologi telah mengalami kemajuan dan tumbuh dengan begitu cepat. Informasi apapun dapat diperoleh dengan mudah. Di satu sisi, hal ini sangat membantu sebagian orang karena pekerjaan-pekerjaan yang berat semakin ringan, namun di sisi lain, kemajuan itu menimbulkan permasalahan dan merugikan banyak pihak. Dampak itu terekam di berbagai media massa, anak-anak mengalami krisis kepribadian, mereka kehilangan figur yang dicontoh sehingga tumbuh menjadi anak yang lemah dan rapuh. Banyak sekali tindakan negatif, kriminal dan asusila yang dilakukan anakanak. Pendidikan yang seharusnya menanamkan kepribadian pada anak dirasa gagal. Banyak tuntutan kepada anak untuk melakukan yang terbaik namun tidak diiringi dengan pendidikan yang baik. Anak yang lahir seperti kertas putih telah rusak akibat pola pendidikan yang salah. Oleh karena itu, penulis tertarik untuk meneliti sebuah konsep pendidikan karakter berbasis potensi diri, yaitu suatu konsep pendidikan yang lebih memfokuskan pada kemampuan dasar atau potensi yang dimiliki anak didik agar anak tersebut tumbuh menjadi sosok yang berkepribadian dan mempunyai karakter yang tangguh. Peneliti sengaja memilih film The Miracle Worker sebagai sumber penelitian disebabkan film tersebut menggambarkan tentang usaha keras seorang pendidik (Annie Sullivan) agar anak didik (Helen Keller) yang mengalami krisis kepribadian seperti tidak mengenal aturan, pemarah dan lain sebagainnya mempunyai kepribadian yang baik. Menariknya dalam film itu untuk diteliti adalah karena anak didik tersebut menderita tuna netra, tuna rungu dan tuna wicara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep pendidikan karakter berbasis potensi diri yang terdapat dalam film The Miracle Worker mencakup (1) pendidikan karakter berbasis potensi diri dalam film The Miracle Worker adalah usaha secara sadar yang dilakukan Annie Sullivan untuk mendidik Helen Keller; (2) tujuan pendidikan karakter, yaitu kepribadian yang baik dan selaras pemahaman atas tindakan yang diperbuat; (3) nilai-nilai pendidikan karakter yang meliputi nilai kesopanan, tanggung jawab, kedisiplinan, kasih sayang, persahabatan, kemandirian, kerja keras, dan kerja sama; (4) metode pendidikan karakter meliputi metode hadiah dan hukuman, nasehat, pembiasaan, dan mengajak; (5) faktor penghambat pendidikan karakter berbasis potensi diri dalam film The Miracle Worker meliputi keadaan fisik dan pola asuh yang kurang tepat, sedangkan faktor pendukung adalah kecerdasan emosional dan lingkungan pendidikan yang kondusi

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: Rak G000/2012-02
Uncontrolled Keywords: Pendidikan karakter, potensi diri, film The Miracle Worker.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 26 Apr 2012 07:54
Last Modified: 04 Jul 2012 06:38
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18295

Actions (login required)

View Item View Item