Hubungan Antara Kematangan Emosi Dengan Kepercayaan Diri Pada Siswa Siswi Madrasah Aliyah Negeri 1 Demak

ROKHANIAH, ATIK (2012) Hubungan Antara Kematangan Emosi Dengan Kepercayaan Diri Pada Siswa Siswi Madrasah Aliyah Negeri 1 Demak. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (81kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf

Download (22kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (86kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (26kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (57kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (14kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (75kB)

Abstract

Masa remaja merupakan suatu masa dimana ketegangan emosi meninggi, terutama karena berada dibawah tekanan sosial dan menghadapi kondisi baru. Haltersebut menyebabkan remaja sering mengalami masalah seperti perkelahian antar pelajar, gangguan penyesuaian diri, stress, frustrasi, hingga ada yang melakukan bunuh diri. Hal ini dipengaruhi oleh banyak faktor, seperti lingkungan tempat tinggal, keluarga, sekolah, dan teman-teman sebaya, serta faktor kematangan emosi dan kepercayaan diri. Remaja yang memiliki emosi matang dan kepercayaan diri tinggi diharapkan bertanggung jawab atas perbuatannya, dapat menghargai diri sendiri, dan orang lain, serta dapat menerima dan menghargai kelebihan dan kekurangannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Hubungan antara kematangan emosi dan kepercayaan diri pada remaja; 2) Peran atau sumbangan kematangan emosi terhadap kepercayaan diri pada remaja; 3) Tingkat kematangan emosi dan kepercayaan diri remaja. Hipotesis yang diajukan: Ada hubungan positif antara kematangan emosi dengan kepercayaan diri pada remaja. Subjek penelitian siswa-siswi Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Demak kelas XI IPS 1 sejumlah 42 siswa dan XI IPA 3 sejumlah 41 siswa, jadi jumlah subjek ada 83 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah random sampling Teknik analisis data menggunakan korelasi product moment. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh nilai koefisien korelasi r = 0,493, p = 0,000 (p < 0,01). Hasil ini menunjukkan ada hubungan positif yang sangat signifikan antara kematangan emosi dengan kepercayaan diri. Artinya semakin tinggi kematangan emosi maka semakin tinggi pula kepercayaan diri. Sumbangan kematangan emosi terhadap kepercayaan diri sebesar sebesar 24,3%.Diketahui kematangan emosi subjek tergolong sedang ditunjukkan rerata empirik (RE) = 119,518 dan rerata hipotetik (RH) = 115. Kepercayaan diri subjek tergolong sedang, ditunjukkan oleh rerata empirik (RE) = 115,843 dan rerata hipotetik (RH) = 112,5. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan yang sangat signifikan antara kematangan emosi dengan kepercayaan diri pada siswa-siswi Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Demak, namun generalisasi dari hasil-hasil penelitian ini terbatas pada populasi dimana penelitian dilakukan sehingga penerapan pada ruang lingkup yang lebih luas dengan karakteristik yang berbeda kiranya perlu dilakukan penelitian ulang dengan menambah variabel-variabel lain yang belum disertakan dalam penelitian ini ataupun dengan menambah dan memperluas ruang lingkup penelitian.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kepercayaan diri, kematangan emosi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 26 Apr 2012 05:42
Last Modified: 26 Apr 2012 05:42
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18282

Actions (login required)

View Item View Item