Metode Cerita dalam Pendidikan Akhlak Anak Usia Dini (Studi Kasus di Taman Kanak-kanak Pondok Pesantren Ta’mirul Islam Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012)

Sholehah, Imro’atus (2012) Metode Cerita dalam Pendidikan Akhlak Anak Usia Dini (Studi Kasus di Taman Kanak-kanak Pondok Pesantren Ta’mirul Islam Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (92kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (86kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (179kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (175kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (41kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (23kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (19kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)

Abstract

Pentingnya pendidikan pada anak usia dini ditanamkan agar anak ketika besar dapat mengembangkan nilai-nilai ajaran Islam. Salah satu metode pendidikan yang dapat diterapkan pada anak usia dini adalah metode cerita. Metode ini dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif metode pembelajaran yang digunakan untuk menanamkan pendidikan akhlak pada anak. Metode tersebut selain mudah dipahami, anak juga sangat senang dan tidak mudah bosan. Karena cerita itu sendiri mampu mengambil hati anak dan dapat mempengaruhi perasaannya dengan kuat. Hal ini penting sekali untuk menanamkan pendidikan akhlak anak di kemudian hari. Metode cerita tersebut diterapkan pula di TK PPTI Surakarta. Berdasarkan latar belakang di atas, maka dalam skripsi ini penulis tertarik untuk mengadakan penelitian lebih lanjut mengenai pelaksanaan metode cerita dalam pendidikan akhlak anak usia dini serta faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan metode cerita dalam pendidikan akhlak anak usia dini di TK PPTI Surakarta tahun pelajaran 2011/2012. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan metode cerita dalam pendidikan akhlak anak usia dini dan untuk mengungkap faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan metode cerita dalam pendidikan akhlak anak usia dini di TK PPTI Surakarta tahun pelajaran 2011/2012. Manfaat yang diharapkan dari hasil penelitian ini dapat menambah wawasan keilmuwan tentang pelaksanaan metode bercerita dalam pendidikan akhlak anak usia dini. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dan yang dijadikan subjek penelitian adalah kepala sekolah dan guru TK PPTI Surakarta. Metode yang digunakan untuk memperoleh data adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian disusun dan dianalisa dengan menggunakan deskriptif kualitatif, melalui tahapan reduksi data, penyusunan data dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan metode cerita dalam pendidikan akhlak anak usia dini di TK PPTI Surakarta menggunakan beberapa langkah, yaitu langkah persiapan, pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan akhir. Penggunaan metode cerita yang dilaksanakan di TK PPTI sudah cukup baik. Dengan demikian, pelaksanaan metode cerita yang dipraktekkan secara umum sudah mampu membuat anak merasa senang dan antusias untuk mendengarkan cerita. Adapun faktor pendukung pelaksanaan metode cerita dalam pendidikan akhlak anak usia dini adalah kemahiran guru dalam bercerita, media bercerita yang memadai dan kapasitas siswa dalam kelas. Sedangkan faktor penghambatnya meliputi dua faktor yaitu faktor intern dan faktor ekstern. Adapun faktor intern adalah ruang kelas kurang kondusif, ruang kelas kurang pencahayaan dan buku cerita yang kurang Up to date dalam hal ini buku yang digunakan guru untuk bercerita sudah terbitan lama. Adapun faktor ekstern adalah lingkungan keluarga dan sarana prasarana.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: metode cerita dan pendidikan akhlak anak usia dini
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 26 Apr 2012 05:18
Last Modified: 26 Apr 2012 05:18
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18279

Actions (login required)

View Item View Item