Hubungan Antara Persepsi Siswa Terhadap Kompetensi Pedagogik Guru Dengan Prokrastinasi Akademik Pada Siswa SMP Al-Islam 1 Surakarta

PRAMUSANTI, NUR (2012) Hubungan Antara Persepsi Siswa Terhadap Kompetensi Pedagogik Guru Dengan Prokrastinasi Akademik Pada Siswa SMP Al-Islam 1 Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Hal Depan)
02._HALAMAN_DEPAN_.pdf

Download (271kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
03._BAB_I.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Bab 2)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (485kB)
[img] PDF (Bab 3)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (338kB)
[img] PDF (Bab 4)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (486kB)
[img] PDF (Bab 5)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (248kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (337kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (596kB)

Abstract

Prokrastinasi akademik adalah kecenderungan perilaku untuk menunda dalam mengerjakan dan menyelesaikan tugas akademiknya secara keseluruhan, sengaja dan berulang-ulang, di SMP Al-Islam 1 Surakarta terdapat kurang lebihnya 40% siswa yang sering menunda-nunda dalam proses pengerjaanya bahkan tidak mengerjakan sama sekali tugas tersebut. Penundaan terhadap berbagai tugas akademik tersebut dapat dikurangi dan ditekan apabila setiap individu terutama siswa sebagai subjek pendidikan memiliki persepsi yang baik terhadap kompetensi pedagogik yang dimiliki oleh gurunya. Kompetensi pedagogik guru berkaitan dengan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran di dalam kelas. Siswa yang memiliki persepsi yang baik terhadap kompetensi pedagogik yang dimiliki gurunya, maka ia akan senantiasa termotivasi dan terdorong untuk menyelesaikan setiap tugas atau PR yang diberikan oleh guru tepat waktu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara persepsi siswa terhadap kompetensi pedagogik guru dengan prokrastinasi akademik. Subjek penelitian yaitu siswa SMP Al-Islam 1 Surakarta, dengan jumlah sampel sebanyak 100 subjek. Sampel tersebut diambil dengan teknik cluster random sampling dan stratified random sampling. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala prokrastinasi akademik dan persepsi terhadap kompetensi pedagogik guru yang kemudian dianalisis dengan SPSS 15. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan analisis product moment diperoleh r = -0,285 dengan p = 0,002 dan p < 0,01, yang berarti ada hubungan negatif yang sangat signifikan antara persepsi siswa terhadap kompetensi pedagogik guru dengan prokrastinasi akademik. Sumbangan efektif antara variabel persepsi pada kompetensi pedagogik terhadap prokrastinasi akademik sebesar 8,1 %, ditunjukkan oleh koefisien determinan (r2) = 0,081. Berarti masih terdapat 91.9% variabel lain yang mempengaruhi prokrastinasi akademik di luar variabel persepsi terhadap kompetensi pedagogik. Kata kunci: Prokrastinasi Akademik, persepsi terhadap kompetensi pedagogik.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: Rak F100/2012-03
Uncontrolled Keywords: Prokrastinasi Akademik, persepsi terhadap kompetensi pedagogik
Subjects: Q Science > QP Physiology
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Mr. Edy Suparno
Date Deposited: 25 Apr 2012 10:40
Last Modified: 02 Jul 2012 05:41
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18260

Actions (login required)

View Item View Item