TUGAS AKHIR VARIASI KECEPATAN UDARA PRIMER ALIRAN PAKSA PADA TUNGKU BRIKET BATUBARA UNTUK MENDAPATKAN TEMPERATUR YANG OPTIMUM DAN GAS CO

SETIAWAN , HERU CAHYONO (2008) TUGAS AKHIR VARIASI KECEPATAN UDARA PRIMER ALIRAN PAKSA PADA TUNGKU BRIKET BATUBARA UNTUK MENDAPATKAN TEMPERATUR YANG OPTIMUM DAN GAS CO. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
D200030193.pdf

Download (52kB)
[img] PDF
D200030193.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Bahan bakar minyak dan batubara merupakan bahan bakar fosil yang tidak dapat diperbarui, sehingga penggunaannya harus seefisien mungkin. Untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan mencari bahan bakar alternatif atau melakukan penghematan penggunaan bahan bakar. Untuk meningkatkan efisiensi pembakaran pada tungku briket batubara yang masih memiliki kelemahan diantaranya proses penyalaan yang lama dan temperatur yang masih rendah yaitu dengan menambah jumlah udara pembakaran supaya dapat menghasilkan pembakaran yang sempurna. Untuk penelitian ini menganalisa pengaruh penambahan blower variasi kecepatan pada tungku briket batubara terhadap temperatur pembakaran. Pengaturan kecepatan dilakukan dengan menggunakan adaptor. Tahap dari penelitian ini yaitu (1) Uji karakterisasi pembakaran tungku briket batubara yang ada di pasaran. (2) Uji karakterisasi pembakaran tungku briket batubara dengan penambahan blower variasi kecepatan. Data yang dihasilkan adalah temperatur dan CO. Pengujian diatas dilakukan dengan massa briket yang tetap dan dengan 5 variasi kecepatan (4,4 m/s, 3,8 m/s, 3,2 m/s, 2,6 m/s dan 1,9 m/s). Dari hasil penelitian dan analisa data didapatkan kondisi terbaik dari masing-masing tungku. Untuk tungku tanpa penambahan blower temperatur tertinggi hanya mencapai 345oC, sedangkan pada tungku variasi temperatur dapat mencapai 713oC pada kecepatan 4,4 m/s, 643oC pada kecepatan 3,8 m/s, 640oC pada kecepatan 3,2 m/s, 680oC pada kecepatan 2,6 m/s dan 610oC pada kecepatan 1,9 m/s. Dengan penambahan kecepatan ternyata juga dapat menurunkan kadar gas buang. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa kecepatan berpengaruh terhadap temperatur dan gas buang Co. Kecepatan 4,4 m/s menghasilkan temperatur yang maksimal dan CO minimal.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kecepatan udara, Temperatur dan gas CO, Tungku briket, Batubara
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 29 May 2009 02:20
Last Modified: 17 Nov 2010 03:36
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/1826

Actions (login required)

View Item View Item