Hubungan Antara Komunikasi Interpersonal Kelompok Belajar Dengan Motivasi Belajar Pada Siswa Siswi Yayasan Smp Al-Muayyad Surakarta

HASTORY , YAN (2012) Hubungan Antara Komunikasi Interpersonal Kelompok Belajar Dengan Motivasi Belajar Pada Siswa Siswi Yayasan Smp Al-Muayyad Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (189kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (26kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (54kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (47kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (115kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (27kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (27kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (156kB)

Abstract

Aktivitas Belajar merupakan hal penting yang wajib dilakukan oleh seorang siswa sebagai pelajar, namun tidak sediki t siswa memandang belajar sebagai sesuatu yang bikin bosan dan tidak terlalu penting, misalnya saja, ditemukan siswa malas, dan merasa ogah-ogahan untuk belajar dan mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru. Dalam menunjang belajar diperlukan adanya kemauan serta motivasi agar belajar itu dianggap sebagai aktivitas yang menyenangkan dan memperoleh manfaat yakni mendapat hasil berupa prestasi. Namun kenyataannya, berdasarkan survey yang dilakukan di Yayasan SMP Al-Muayya d Surakarta ditemukan sekitar 45, 5% siswa tidak memiliki energi untuk belajar hampir sekitar setengah dari total 75 siswa kelas VIII. Sekitar 42, 6% siswa tidak memiliki semangat setiap memulai pelajaran di kelas, sekitar 97% waktu luang si swa dipergunakan untuk melakukan kegiatan yang berhubungan dengan hobi dibanding untuk mengulang pelajaran disekolah, sekitar 59% siswa dalam mengerjakan pekerjaan rumah (PR) lebih sering diingatkan oleh orang lain dibanding dengan kemaua n dan inisiatifnya sendiri. Sekitar 77% siswa bila mengalami kesulitan dalam mengerjakan PR lebih memilih menanyakan kepada teman-teman, dibanding membuka referensi buku. Dengan adanya interaksi siswa dengan teman-temannya, maka akan terbentuk komunikasi interpersonal kelompok belajar yang akan menimbulkan mo tivasi belajar dan proses penyelesaian masalah pada siswa. Tujuan penelitian ini ad alah untuk mengetahui hubungan antara komunikasi interpersonal kelompok belajar dengan motivasi belajar siswa-siswi yayasan SMP Al-Muayad Surakarta. Hipotesis penelitian ini adalah ada hubungan positif antara komunikasi interpersonal kelompok belajar dengan moti vasi belajar siswa-siswi yayasan SMP Al-Muayyad”. Penelitian ini dilakukan di yayasan SMP Al-Muayyad Surakarta pada subjek kelas VII, VIII, IX yang berjumlah 70 orang yang ditentukan dengan menggunakan teknik cluster stratified random sampling. Alat ukur yang digunakan adalah skala motivasi belajar dan skala komunikasi interpersonal kelompok belajar. Hasil analisis korelasi product moment diperoleh hasil koefisien korelasi sebesar 0,560 dengan p � 0,01 hal ini menunjukkan ada hubungan positif yang sangat signifikan antara komunikasi interpersonal kelompok belajar dengan motivasi belajar. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa subjek penelitian ini memiliki tingkat motivasi belajar yang tergolong tinggi, sedangkan komunikasi interpersonal kelompok belajar yang dimiliki subjek juga tergolong tinggi. Sumbangan efektif anta ra variabel komunikasi interpersonal kelompok belajar dengan motivasi belajar sebesar 31,4%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Interpersonal Kelompok Belajar, Motivasi Belajar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Budiman Budiman
Date Deposited: 25 Apr 2012 10:17
Last Modified: 25 Apr 2012 10:17
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18255

Actions (login required)

View Item View Item