Analisis Perubahan Penggunaan Lahan Permukiman Dengan Pemanfaatan Penginderaan Jauh Dan Sistem Informasi Geografis Di Kecamatan Grogol Kabupaten Sukoharjo Tahun 2002 Dan 2010

DEWI, RAHMAWATI KUSUMA (2012) Analisis Perubahan Penggunaan Lahan Permukiman Dengan Pemanfaatan Penginderaan Jauh Dan Sistem Informasi Geografis Di Kecamatan Grogol Kabupaten Sukoharjo Tahun 2002 Dan 2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (232kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (297kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (321kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (963kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (54kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (53kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Grogol Kabupaten Sukohajo yang meliputi 14 desa dengan judul Analisis Perubahan Penggunaan Lahan Non Permukiman Menjadi Permukiman Dengan Pemanfaatan Penginderaan Jauh Dan Sistem Informasi Geografis Di Kecamatan Grogol Kabupaten Sukoharjo Tahun 2002 Dan 2010, bertujuan untuk menganalisis: 1) sebaran perubahan penggunaan lahan non permukiman ke permukiman di daerah penelitian, 2) variabilitas wilayah serta keterkaitan faktor-faktor wilayah yang mempengaruhi perubahan penggunaan lahan dari non permukiman menjadi permukiman di daerah penelitian. Metode yang digunakan adalah metode survey dan pengumpulan data dengan interpretasi Citra Quickbird. Adapun metode analisis data dengan analisis spasial memalui SIG yaitu dengan interpretasi visual, digitasi dan overlay. Hasil penelitian: 1) sebaran perubahan penggunaan lahan permukiman terjadi pada setiap desa di Kecamatan Grogol. Besarnya perubahan lahan menjadi permukiman yang terjadi adalah sebesar 176,6814 ha. Perubahan penggunaan lahan permukiman terbesar terdapat di Desa Telukan sebesar 43,58 ha , kemudian Desa Gedangan sebesar 34,50 ha, Desa Sanggrahan sebesar 22,33 ha, Desa Manang sebesar 16,42 ha, Desa Parangjoro sebesar 9.27 ha, Desa Madegondo sebesar 8,54 ha, Desa Kadokan sebesar 8,48 ha, Desa Banaran sebesar 6.35 ha, Desa Grogol sebesar 6,11 ha, Desa Pandeyan sebesar 5.92 ha, Desa Cemani sebesar 5,47 ha, Desa Pondok sebesar 4,66 ha, Desa Langenharjo sebesar 3,32 ha dan Desa Kwarasan sebesar 1,74 ha. 2) faktor-faktor wilayah seperti aksesibilitas, fasilitas ekonomi serta kepadatan penduduk memiliki keterkaitan dengan perubahan penggunaan lahan permukiman di Kecamatan Grogol Kabupaten Sukoharjo. Semakin baik aksesibilitas dan semakin lengkap fasilitas ekonomi maka perubahan penggunaan lahan akan semakin cepat terutama perubahan penggunaan lahan untuk permukiman.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penggunaan Lahan Non Permukiman, Permukiman, Penginderaan Jauh dan Sistem Informasi Geografis
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Geografi > Geografi
Fakultas Geografi > Geografi
Fakultas Geografi > Geografi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 25 Apr 2012 07:15
Last Modified: 25 Apr 2012 09:22
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18242

Actions (login required)

View Item View Item