Analisis Distribusi Spasial Gas Karbon monoksida (Co) Dan Pengaruhnya Terhadap kualitas Udara Di Jalan Slamet Riyadi Kota Surakarta

Putri, Fahmia Nuhyari (2012) Analisis Distribusi Spasial Gas Karbon monoksida (Co) Dan Pengaruhnya Terhadap kualitas Udara Di Jalan Slamet Riyadi Kota Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (131kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (943kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (26kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (31kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pencemaran karbon monoksida (CO) di udara sebagian besar berasal dari sektor transportasi. Peningkatan karbon monoksida (CO) salah satunya disebabkan oleh naiknya kepadatan kendaraan bermotor. Semakin tinggi jumlah kendaraan bermotor, maka konsentrasi karbon monoksida (CO) makin meningkat. Selain itu parameter suhu udara adalah salah satu faktor yang mempengaruhi konsentrasi karbon monoksida (CO). Pada suhu yang tinggi karbon monoksida (CO) akan mudah berreaksi. Penelitian ini dilakukan di Jalan Slamet Riyadi Kota Surakarta, dengan tujuan mengetahui besar konsentrasi karbon monoksida (CO), mengetahui pengaruh kepadatan kendaraan terhadap peningkatan konsentrasi karbon monoksida (CO) dan mengetahui pengaruh peningkatan konsentrasi karbon monoksida (CO) terhadap suhu udara, serta mengetahui kualitas udara di daerah penelitian. Jalan Slamet Riyadi dipilih karena jalan ini merupakan jalan dengan kepadatan lalu lintas yang tinggi, merupakan pusat kegiatan perekonomian, perkantoran dan pendidikan, serta jalan utama yang ada di pusat Kota Surakarta. Metode penelitian menggunakan metode observasi, dengan sampel sebanyak 10 titik yang tersebar di setiap segmen pertigaan dan perempatan Jalan Slamet Riyadi. Pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling dan pengukuran data primer langsung dilakukan di lapangan. Data primer yang diukur terdiri dari data kepadatan kendaraan bermotor, data temperatur suhu dan data konsentrasi karbon monoksida (CO). Analisis data primer menggunakan trend analisis, analisis statistik (korelasi dan regresi linear berganda) dan analisis komparasi. Hasil yang diperoleh dari penelitian yang dilakukan di Jalan Slamet Riyadi adalah, konsentrasi karbon monoksida (CO) secara spasial menunjukkan kecenderungan menurun menuju ke pusat kota. Pengaruh kepadatan kendaraan bermotor terhadap konsentrasi (CO) sangat kuat dan signifikan dengan derajat kepercayaan 99%. Adapun pengaruh peningkatan konsentrasi karbon monoksida (CO) terhadap suhu udara juga kuat, namun berbanding terbalik. Konsentrasi karbon monoksida (CO) yang melebihi ambang batas di Jalan Slamet Riyadi secara umum di segmen dengan jalur dua arah.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Rak E100/15
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Geografi > Geografi
Fakultas Geografi > Geografi
Fakultas Geografi > Geografi
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 25 Apr 2012 06:19
Last Modified: 02 Jul 2012 04:31
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18234

Actions (login required)

View Item View Item