Penentuan Lokasi Potensial Anjungan Tunai Mandiri (ATM) Dengan Pemanfaatan Citra IKONOS dan Sistem Informasi Geografi (SIG) di Kecamatan Depok Kabupaten Sleman

Purnamasari, Dian Maharani Ardiana (2012) Penentuan Lokasi Potensial Anjungan Tunai Mandiri (ATM) Dengan Pemanfaatan Citra IKONOS dan Sistem Informasi Geografi (SIG) di Kecamatan Depok Kabupaten Sleman. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (798kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf

Download (363kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (800kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (80kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (95kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Fasilitas pelayanan ATM khususnya di wilayah penelitian menunjukkan perkembangan yang pesat dari segi jumlah maupun sebarannya. Permasalahan yang perlu diperhatikan berkaitan dengan penelitian ini adalah mengenai bagaimanakah kemanfaatan Citra Ikonos dalam memperoleh parameter penentuan letak potensial ATM berdasarkan parameter penggunaan lahan, aksesibilitas positif, keteraturan permukiman, eksisting ATM, dan kriminalitas di Kecamatan Depok. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menguji kemanfaatan Citra Ikonos sebagai sumber untuk memperoleh data parameter penentuan letak ATM dan menentukan lokasi potensial penempatan ATM di Kecamatan Depok dengan memperhatikan parameter tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan integrasi antara teknik Penginderaan Jauh dan SIG. Pengolahan data dengan SIG dapat ditentukan lokasi potensial ATM yaitu kategori lokasi potensial I (berpotensi tinggi), lokasi potensial II (berpotensi sedang), dan potensial III (tidak berpotensi). Hasil penelitian ini adalah peta lokasi potensial ATM Kecamatan Depok dengan skala 1:50.000. Dari 166 unit ATM yang sudah ada di daerah penelitian, 80,7 % terletak di kawasan perdagangan dan jasa, 15,7 % terletak di kawasan pendidikan dan perkantoran. Daerah yang termasuk ke dalam kategori berpotensi tinggi yaitu sebesar 5,2 %, berpotensi sedang 41 %, dan tidak berpotensi 53,8 %. Lokasi ATM di Kecamatan Depok cenderung mengelompok pada pusat-pusat perdagangan dan jasa serta pusat-pusat pendidikan. Lokasi yang strategis, aman, mudah dijangkau, dan merupakan pusat aktivitas ekonomi maupun sosial merupakan lokasi prioritas dalam penempatan lokasi ATM, dengan tujuan agar optimalisasi pemanfaatan ATM dapat tercapai.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: Rak E100/2012-06
Uncontrolled Keywords: ATM, Citra Ikonos
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Geografi > Geografi
Fakultas Geografi > Geografi
Fakultas Geografi > Geografi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 25 Apr 2012 05:50
Last Modified: 02 Jul 2012 04:56
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18232

Actions (login required)

View Item View Item