Hubungan Antara Tingkat Pendidikan Dengan Perilaku Ibu Rumah Tangga Dalam Memelihara Kebersihan Lingkungan Dari Sampah Domestik (Studi Kasus Di Desa Mendak Dan Desa Jetis Kecamatan Dagangan Kabupaten Madiun)

Nugroho, Rizal Azis (2012) Hubungan Antara Tingkat Pendidikan Dengan Perilaku Ibu Rumah Tangga Dalam Memelihara Kebersihan Lingkungan Dari Sampah Domestik (Studi Kasus Di Desa Mendak Dan Desa Jetis Kecamatan Dagangan Kabupaten Madiun). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan )
Halaman_Depan.pdf

Download (148kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (270kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (127kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (175kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (57kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (13kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran_-Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (428kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Dagangan Kabupaten Madiun dengan judul “ Hubungan Antara Tingkat Pendidikan Dengan Perilaku Ibu Rumah Tangga Dalam Memelihara Kebersihan Lingkungan Dari Sampah Domestik (Studi kasus di Desa Mendak dan Desa Jetis Kecamatan Dagangan Kabupaten Madiun)“ bertujuan untuk menggambarkan pengelolaan sampah domestik yang dilakukan ibu rumah tangga di Desa Jetis dan Desa Mendak dan untuk mengetahui hubungan antara tingkat pendidikan dengan perilaku ibu rumah tangga dalam memelihara kebersihan lingkungan dari sampah domestik. Metode yang digunakan yaitu menggunakan metode proporsional random sampling. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis tabel frekuensi dan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pengelolaan sampah yang dilakukan ibu rumah tangga di dua Desa di Kecamatan Dagangan terdapat perbedaan. Di Desa Mendak ibu rumah tangga mengelola sampah dengan cara dikumpulkan, dijadikan makanan ternak, dibakar dan dibuang di lahan kosong Open Dumping, lubang tanah dan saluran air. Sedangkan, di Desa Jetis pengelolaan sampah yang dilakukan ibu rumah tangga dengan cara dikumpulkan, dimanfaatkan sebagai makanan ternak, dijual, dibakar dibuang di lubang tanah dan tong sampah. Hubungan yang signifikan antara tingkat pendidikan dengan perilaku ibu rumah tangga dalam memelihara kebersihan lingkungan dari sampah domestik bernilai positif. Hal ini ditunjukkan dengan hasil analisis regresi linier sederhana bahwa terdapat hubungan yang positif antara tingkat pendidikan dengan perilaku ibu rumah tangga dalam memelihara kebersihan lingkungan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Rak E100/2012-04
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Geografi > Geografi
Fakultas Geografi > Geografi
Fakultas Geografi > Geografi
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 25 Apr 2012 05:13
Last Modified: 02 Jul 2012 05:04
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18225

Actions (login required)

View Item View Item