Model Markov Chain Jalur Alternatif Bus Damri ( Batik Solo Trans) Untuk Meningkatkan Potensi Penumpang (Di Perum Damri UABK Surakarta Jl.Raya – Palur Surakarta

Supriyadi , Eko (2012) Model Markov Chain Jalur Alternatif Bus Damri ( Batik Solo Trans) Untuk Meningkatkan Potensi Penumpang (Di Perum Damri UABK Surakarta Jl.Raya – Palur Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
cover.pdf

Download (168kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I_eko.pdf

Download (59kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II_eko.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (308kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (175kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV_eko.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (245kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V_eko.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (62kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_pustaka.pdf

Download (105kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (439kB)

Abstract

Perkembangan dunia transportasi sekarang ini semakin pesat Hal ini diakibatkan dari bertambahnya perusahaan yang memasuki pasar dibidang Otomotif . Melihat betapa pentingnya masalah tentang jalur transportasi, maka perusahaan dituntut untuk dapat membuat keputusan yang tepat mengenai jalur yang akan dilewati. Bagaimana jika Keputusan pemilihan jalur alternatif yang tepat dapat dilakukan dengan melihat jumlah pemumpang, sehingga pemilihan jalur dapat meningkatkan potensi penumpang Bus Batik Solo Trans. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan potensi penumpang. Metode yang digunakan adalah Metode Markov Chain. Markov Chain merupakan proses acak di mana semua informasi tentang masa depan terkandung di dalam keadaan sekarang. Hasil dari penelitian ini untuk perkiraan periode mendatang dari pengolahan data atau responden dengan menggunakan metode Markov Chain didapatkan hasil untuk rute/jalur Bus Batik Solo Trans Saat ini meliputi Slamet Riyadi, Kraton, UNS mengalami penurunan dengan nilai probabilitas yaitu Slamet Riyadi mancapai 2 %, Kraton mancapai 26 %, mancapai 40 %. Sedangkan untuk rute/jalur Bus Batik Solo Trans Alternatif meliputi Colomadu, Mongosidi dan Purwosari dari ketiga tujuan tersebut hanya Colomadu yang mengalami penurunan penumpang sedikit demi sedikit untuk beberapa periode kedepan sedangkan untuk Mongosidi dan Purwosari mengalami peningkatan dengan nilai Probabilitas yaitu Colomadu mancapai 8 %, Mongosidi mancapai 64 %, dan Purwosari mancapai 30 %. Disimpulkan bahwa untuk tujuan Mongosidi dan Purwosari dapat dipertimbangkan untuk rute/jalur Bus Batik Solo Tran karena dari kedua tujuan memiliki potensi yang bagus untuk kedepannya dan meningkatkan keuntungan bagi perusahaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Rak D600/2012-03
Uncontrolled Keywords: Markov Chain, Bus Batik Solo Trans, Penumpang
Subjects: T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 24 Apr 2012 06:45
Last Modified: 03 Jul 2012 11:27
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18202

Actions (login required)

View Item View Item