Pengaruh Penerapan Program Corporate Social Responsibility (CSR) PT PLN (Persero) APJ Surakarta Terhadap Image Perusahaan

Prasetyo, Andi Tri (2012) Pengaruh Penerapan Program Corporate Social Responsibility (CSR) PT PLN (Persero) APJ Surakarta Terhadap Image Perusahaan. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
COVER.pdf

Download (241kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (31kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (140kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (179kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (217kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (9kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di PT PLN (Persero) APJ Surakarta. Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan bentuk tanggung jawab perusahaan terhadap sosial dan lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan program CSR yang dilakukan, Mengetahui pengaruh program CSR terhadap image perusahaan, dan Memberikan usulan kegiatan CSR. Untuk mengetahui penerapan program CSR peneliti menggunakan wawancara dan literatur. Terdapat 4 aspek dalam analisa sebagai paradigma CSR yaitu: High Value Added Product & Service (HVAPS), Sosial & Community Activities & Environmental (SCAE), Compliance for Regulatory (CR), dan Corporate Culture that Respects Employee (CCRE). HVAPS dan SCAE menggunakan angket checklist dengan 67 responden serta menggunakan analisis regresi linear berganda, sehingga hasil dilihat dari nilai nilai F. CR dan CCRE menggunakan metode dokumentasi dengan mengambil data dari internet maupun data perusahaan. Untuk memberikan usulan kegiatan CSR menggunakan instrumen terbuka dengan 67 responden. Metode yang digunakan adalah koding Dari analisa hipotesis didapatkan Fhitung 1e+17 unt uk HVAPS dan 4e+16 untuk SCAE. Setelah dikonsultasikan dengan Ftabel=3.140 maka kedua aspek tersebut dinyatakan berpengaruh terhadap Image Perusahaan. Hal tersebut didukung aspek CR yang didapatkan 3 filosofi dalam melakukan praktik CSR yaitu UU no 40 Tahun 2007 Tentang PT, UU no 25 Tahun 2007 Tentang Penanaman Modal, dan SK Menteri BUMN Nomor KEP.04/MBU/2007 Serta Aspek CCRE yang melibatkan tanggung jawab kesejahteraan karyawan yang didapatkan 11 poin diantaranya: Jaminan Kesehatan; LK3; Pemberian Program Cuti; Pedoman Tingkah Laku; Training & Pengembangan Diri Karyawan; Sistem MSDM dan Promosi; Bias Gender; Serikat Pekerja; Pembinaan Hobi Karyawan; Sistem Rekruitmen; dan Hubungan dengan Media Masa. Usulan kegiatan dari penelitian ini adalah perbaikan jalan, bakti sosial, dan masalah kelistrikan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: Rak D600/2012-06
Uncontrolled Keywords: Corporate Social Responsibility, Image Perusahaan, PT PLN (Persero)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 24 Apr 2012 05:02
Last Modified: 03 Jul 2012 11:25
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18191

Actions (login required)

View Item View Item