Analisis Waktu Baku Operator Predrawing Polyester Untuk Membandingkan Metode Jam Henti Dan Metode M.O.S.T Di PT. Apac Inti Corpora (Jln. Soekarno-Hatta Km 32 Bawen)

Setyawan, Danny (2012) Analisis Waktu Baku Operator Predrawing Polyester Untuk Membandingkan Metode Jam Henti Dan Metode M.O.S.T Di PT. Apac Inti Corpora (Jln. Soekarno-Hatta Km 32 Bawen). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Awal_Halaman.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (667kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (657kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (545kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (875kB)

Abstract

PT. Apac Inti Corpora Jln. Soekarno-Hatta Km 32 Bawen adalah merupakan salah satu perusahaan Denim dan Pemintalan Benang terbesar di Indonesia. Jumlah permintaan yang semakin meningkat mengakibatkan pabrik harus selalu melakukan penyesuaian. Pengukuran waktu kerja dan studi gerakan adalah perbaikan gerakan kerja dan merupakan salah satu cara memperbaiki nilai ukur kerja seseorang sehingga bisa meningkatkan produktifitas dari seseorang. Mencari waktu baku operator predrawing poliyester menggunakan dua metode yaitu metode langsung (Jam Henti) dan Metode Tidak Langsung MOST (Maynard Operation Sequence Tecnique). Adapun data yang di teliti dengan menggunakan metode langsung (jam henti) dan metode tidak langsung (MOST) didapatkan perbedaan yang cukup signifikan dari hasil waktu kedua metode jam henti 9.666 menit dan MOST 6.093 menit tersebut, yaitu nilai selisih sebanyak 3.573 menit. Setelah menggunakan metode langsung ada beberapa data gerakangerakan yang tidak efektif. Dengan cara menghilangkan gerakan menjadi gerakan efektif mendapatkan waktu 9.666 menit sedangkan data gerakan sebelumnya 15.973 menit mendapatkan efesiensi waktu 39.49%. Penghematan waktu terhadap waktu sebelum perbaikan sebesar 6.307 menit. Metode tidak langsung dengan menggunakan metode MOST memperoleh waktu 6.093 menit.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: Rak D600/2012-04
Uncontrolled Keywords: Gerakan therblig, Jam henti, MOST, Waktu baku
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 24 Apr 2012 04:05
Last Modified: 03 Jul 2012 11:27
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18190

Actions (login required)

View Item View Item