Perancangan Tool Box Sterilisasi Alat Medis Dengan Memanfaatkan Busi Pijar Sebagai Pemanas Dengan Metode Reverse Engineering

WINARSIH , WINARSIH (2012) Perancangan Tool Box Sterilisasi Alat Medis Dengan Memanfaatkan Busi Pijar Sebagai Pemanas Dengan Metode Reverse Engineering. Skripsi thesis, Universitas mUhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
Cover_.pdf

Download (163kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf

Download (23kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (247kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (267kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV_baru.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (45kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (8kB)
[img] PDF (Lampiran)
lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (113kB)

Abstract

Perkembangan teknologi saat ini semakin meningkat seiring dengan semakin bertambah banyaknya keinginan manusia. Terlepas dari teknologi akhirakhir tahun ini seringkali terjadi bencana, salah satu contohnya yaitu gempa yang mengakibatkan banyak orang kehilangan tempat tinggal, meninggal, dan luka. Sebelum mengobatan, terlebih dahulu harus membersihkan luka dari benda-benda yang masuk dalam tubuh tersebut, untuk mengambil itu diperlukan alat medis yang steril. Maka dari itu dibutuhkan alat sterilisasi panas kering untuk mensterilkan, tetapi alat ini tidak bisa digunakan jika tidak ada aliran listrik. Melihat hal tersebut perlu adanya perancangan produk baru ynag dapat digunakan kapan saja khususnya dalam keadaan darurat. Dengan menggunakan metode Reverse Engineering peneliti membrekdown alat sterilisassi panas kering untuk mengetahui komponennya. Dari hasil breakdown peneliti mensubtitusi beberapa komponen yaitu bahan, elemen pemanas dan sumber energi. Peneliti mengganti elemen pemanas pada sterilisasi panas kering dengan Busi Pijar, bahan dengan alumunium dan sumber energi menggunakan accu. Rancangan ini menggunakan 4 busi pijar, dengan koordinat x,y,z yaitu busi A (7,3.5,4), B (7,8.5,4), C (7,13.5,4), D (7,18.5,4) dengan, Termokopel (7,11,4). Kenaikan suhu mencapai 1,50C di setiap detiknya, setadalam waktu 60 detik atau 1 menit alat yang dipanasi sudah menghasilkan panas. Dari Reverse dan perpihitungan perpindahan panas peneliti membuat rancangan tool box sterilisasi dengan memanfaatkan busi pijar sebagai sumber panas, dengan panjang 26cm, lebar 17cm dan tinggi 14cm dikerangka luarnya. Pada rancangan ini peneliti menggunakan 4 busi pijar yang disusun secara paralel, dengan volume ruang sterilisasi 22 x 14 x 7,5: 2310 cm3 panas yang dihasilkan mencapai 1200C.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Rak D600/2012-09
Uncontrolled Keywords: Busi pijar, Khental Nikelin, Sterilisasi, Reverse Engineering, Teknologi.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Budiman Budiman
Date Deposited: 23 Apr 2012 10:25
Last Modified: 03 Jul 2012 11:20
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18184

Actions (login required)

View Item View Item