Dasar-Dasar Program Perencanaan Dan Perancangan Arsitektur (DP3A) Monumen Batik Solo (Sebagai Wahana Edukasi, Rekreasi dan Pelestarian Budaya Batik Serta Landmark Kota Solo)

MAS’UD, MUSTHOFA ABU (2012) Dasar-Dasar Program Perencanaan Dan Perancangan Arsitektur (DP3A) Monumen Batik Solo (Sebagai Wahana Edukasi, Rekreasi dan Pelestarian Budaya Batik Serta Landmark Kota Solo). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (227kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (31kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (58kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (37MB)

Abstract

Batik adalah salah satu cara pembuatan bahan pakaian. Selain itu batik bisa mengacu pada dua hal. Yang pertama adalah teknik pewarnaan kain dengan menggunakan malam untuk mencegah pewarnaan sebagian dari kain. Batik Indonesia, sebagai keseluruhan teknik, teknologi, serta pengembangan motif dan budaya yang terkait, oleh UNESCO telah ditetapkan sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) sejak 2 Oktober, 2009. Kota Solo telah menjadi bagian dari World Heritage Cities for Euro-Asia yang ditetapkan UNESCO, dan telah menjadi Tuan Rumah International Conference of World Heritage Cities for Euro-Asia pada Oktober 2008. Sejak tahun 2006, Kota Solo telah menjadi Tuan Rumah untuk 440 pertunjukan seni, meliputi tarian tradisional, pertunjukan musik dan teater. Sebagai tambahan, kota ini juga mempunyai Institut Seni Indonesia (ISI-Surakarta), yang menawarkan beragam program jurusan seni tradisional, termasuk ‘karawitan’ dan ‘wayang’. Juga diadakannya Solo Batik Carnival setiap tahun yang telah berhasil menarik banyak minat wisatawan asing. Dengan demikian Kota Solo telah memiliki potensi yang sangat besar untuk menjadi salah satu (meeting, incentive, convention, exhibition city) di Indonesia. Monumen Batik Solo adalah sebuah Bangunan Monumental yang menjadi landmark kota Solo sekaligus sebagai museum yang diharapkan dapat menjadi suatu wahana edukasi, rekreasi dan pelestarian budaya batik serta icon kota Solo sesuai dangan visi kota masa depan, masyarakat (wisatawan) juga dapat melihat view kota Solo dari puncak monumen. Desain bangunan monumental dengan menara yang cukup tinggi diharapkan mampu menjadi salah satu icon kota solo sekaligus sebagai city view dimana dapat diakses oleh seluruh wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Dengan demikian semakin memperkokoh citra kota Solo sebagai kota budaya, dan visi Solo the Capital of Batik dapat menjadi kenyataan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: Rak D300/2012-03
Uncontrolled Keywords: Batik, Monumen, Solo, Landmark, City View.
Subjects: N Fine Arts > NA Architecture
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Arsitektur
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 23 Apr 2012 06:18
Last Modified: 21 Jun 2012 11:32
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18168

Actions (login required)

View Item View Item