Tinjauan Yuridis Prosedur Pelaksanaan Perjanjian Kredit Pemilikan Rumah (Studi Kasus PT. Bank Tabungan Negara. Tbk Cabang Surakarta)

WAHYONO, APIT PURNATRI (2012) Tinjauan Yuridis Prosedur Pelaksanaan Perjanjian Kredit Pemilikan Rumah (Studi Kasus PT. Bank Tabungan Negara. Tbk Cabang Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (337kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3.BAB_I.pdf

Download (73kB)
[img] PDF (Bab II)
4.BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (255kB)
[img] PDF (Bab III)
5.BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (193kB)
[img] PDF (Bab IV)
6.BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (22kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
7.DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (15kB)
[img] PDF (Lampiran)
8.LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Bank memiliki peranan yang sangat penting untuk menopang perekonomian rakyat, karena melalui bank unit-unit yang memiliki kelebihan modal dapat disalurkan kepada masyarakat melalui pinjaman kredit. Khususnya untuk kredit perumahan. Salah satunya adalah PT. Bank Tabungan Negara Cabang Surakarta yang memberikan fasilitas kredit untuk pembiayaan pembelian tanah dan rumah. Pengamatan ini bertujuan untuk mengetahui lebih dalam tentang gambaran umum mengenai prosedur pelaksanaan Kredit Pemilikan Rumah pada PT. Bank Tabungan Negara Cabang Surakarta. Pelaksanaan pengamatan ini menggunakan pengamatan deskripsi kualitatif yaitu dengan menggambarkan prosedur pelaksanaan Kredit Pemilikan Rumah pada PT. Bank Tabungan Negara Cabang Surakarta yang dituangkan dalam bentuk kalimat-kalimat dan berdasarkan fakta-fakta yang ada.Teknik pengumpulan data diperoleh melalui wawancara dengan pegawai,dokumentasi,penelitian dan arsip penunjang lainnya. Sumber data yang diperoleh berdasarkan data primer yaitu data yang diperoleh dari penelitian langsung pada PT. Bank Tabungan Negara Cabang Surakarta dan data sekunder yaitu data yang diperoleh melalui pustaka yang meliputi buku-buku,artikel,hasil seminar dan dokumen-dokumen yang berkaitan dengan obyek penelitian. Dari hasil pengamatan menunjukkan bahwa prosedur pelaksanaan Kredit Pemilikan Rumah dimulai dengan penyerahan dokumen pokok debitur serta formulir permohonan kredit ke bagian Loan Service Unit. Selanjutnya petugas Analisis Kredit akan mengadakan wawancara dengan calon debitur. Setelah persyaratan lengkap akan diterbitkan Daftar Usulan Pemohon (DUP) yang akan dipergunakan dalam Rapat Komite Kredit (Rakomdit). Setelah dilakukan penyidikan dan analisis oleh pihak yang berwenang maka akan menghasilkan kredit diterima atau ditolak,jika ditolak akan diterbitkan surat penolakan jika diterima akan diterbitkan Surat Penegasan Persetujuan Penyidikan Kredit (SP3K). Dalam realisasi kredit akan diterbitkan SuratPerjanjian Kredit (SPK) dan Surat Perjanjian Rangkap 5 (SPD5) yang ditandatangani debitur dihadapan notaries dan pejabat Bank BTN. Kesimpulannya yaitu menunjukkan bahwa dalam prosedur pelaksanaan Kredit Pemilikan Rumah yang diterapkan oleh Bank BTN Cabang Surakarta terdiri dari prosedur permohonan kredit, penyidikan dan analisis kredit, prosedur keputusan permohonan kredit,prosedur realisasi kredit, dan prosedur pelunasan kredit yang telah dilaksanakan sesuai standart ketentuan pemberian kredit yang ditetapkan oleh kantor pusat dan Bank Indonesia. Keputusan akhir pemberian Kredit didasarkan pada hasil keputusan Rapat Komite Kredit yang dilaksanakan oleh Branch Manager, Retail Service, Section Head, petugas Analisis Kredit dan Loan Service. Hal ini menunjukkan adanya prinsip kehati-hatian dalam penyaluran kredit kepada calon debitur di Bank BTN Cabang Surakarta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kredit Pemilikan Rumah
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Hukum
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 21 Apr 2012 05:15
Last Modified: 21 Apr 2012 10:07
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18139

Actions (login required)

View Item View Item