Pelaksanaan Jaminan Sosial Tenaga Kerja Pada Perusahaan Perseroan (Persero) PT. Telekomunikasi Indonesia,Tbk Cabang Solo

FAILASUFA, M.REZA (2012) Pelaksanaan Jaminan Sosial Tenaga Kerja Pada Perusahaan Perseroan (Persero) PT. Telekomunikasi Indonesia,Tbk Cabang Solo. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
REZA_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (250kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
REZA-1.pdf

Download (43kB)
[img] PDF (Bab II)
REZA-2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (115kB)
[img] PDF (Bab III)
REZA-3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (67kB)
[img] PDF (Bab IV)
REZA-4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
REZA_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (8kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran secara nyata tentang pelaksanaan Jamsostek pada PT TELKOM Tbk SOLO, untuk mengetahui manfaat–manfaat apa dari adanya program Jamsostek di PT. TELKOM Tbk SOLO bagi Pengusaha maupun Tenaga Kerjanya dan untuk mengetahui hambatan–hambatan apa yang timbul dan bagaimana cara penanggulangan atau pemecahanya dalam pelaksanaan Jamsostek di PT. TELKOM Tbk SOLO. Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pendekatan yuridis sosiologis. Penelitian ini menggunakan metode penelitian hukum dengan jenis diskriptif dengan lokasi penelitian di PT. TELKOM SOLO. Jenis data primer yang digunakan dalam penelitian ini adalah data yang diperoleh secara langsung dilapangan dari pihak yang ada hubungannya dengan pelaksanaan Jaminan Sosial Tenaga Kerja pada PT TELKOM Tbk SOLO di Surakarta. Sedangkan data sekunder diperoleh dari bahan kepustakaan, beberapa literatur atau dokumen resmi, hasil penelitian, peraturan perundang–undangan serta buku–buku ilmiah. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan Jaminan Sosial Tenaga Kerja oleh PT. TELKOM Tbk CABANG SOLO telah dilaksanakan dengan berpedoman pada Undang-Undang No.3 Tahun 1992 tentang Jaminan Sosial Tenaga Kerja, Peraturan Pemerintah No.14 Tahun 1993 Tentang Pelaksanaan Jaminan Sosial Tenaga Kerja dan Permenaker No.5 Tahun 1993 Tentang Petunjuk Teknis Pendaftaran Kepesertaan, Pembayaran iuran, Pembayaran Santunan dan Pelayanan Jamsostek dengan memasukan seluruh tenaga kerjanya dalam program Jamsostek yang meliputi : Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JK), Jaminan Hari Tua (JHT) dan Jaminan Pemeliharaan Kesehatan (JPK). Manfaat dari Jaminan Sosial Tenaga Kerja oleh PT. TELKOM tbk CABANG SOLO yaitu memberikan jaminan keamanan dan kepastian terhadap resiko-resiko sosial ekonomi, dan sarana penjamin arus penerimaan penghasilan bagi tenaga kerja dan keluarganya akibat dari terjadinya risiko-risiko sosial dengan pembiayaan yang terjangkau oleh pengusaha dan tenaga kerja. Dalam pelaksanaan Jamsostek pada PT. TELKOM Tbk CABANG SOLO terdapat beberapa hambatan-hambatan seperti kurangnya syarat kelengkapan kepesertaan Jamsostek dari tenaga kerja, prosedur pengajuan klaim yang terlalu bertele-tele bagi tenaga kerja serta kekurang pahaman tenaga kerja akan program Jamsostek, maka cara pemecahannya dengan diadakan pendekatan, pengarahan kepada tenaga kerja agar mengerti kewajiban-kewajiban dan hak-haknya dan apabila perlu dapat dibantu dalam proses pengurusannya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pelaksanaan, Jaminan Sosial Tenaga Kerja, PT. Telkom Tbk.
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Hukum
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 20 Apr 2012 11:34
Last Modified: 20 Apr 2012 11:34
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18135

Actions (login required)

View Item View Item