Peningkatan Kemampuan Berhitung Permulaan Melalui Permainan Kartu Angka Dan Gambar Pada Anak Di TK ABA Kraguman I Jogonalan Klaten Tahun Ajaran 2011/2012

Arabia, Nur Isnanik (2012) Peningkatan Kemampuan Berhitung Permulaan Melalui Permainan Kartu Angka Dan Gambar Pada Anak Di TK ABA Kraguman I Jogonalan Klaten Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (177kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (35kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (74kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (72kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (105kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (14kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (174kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berhitung permulaan melalui permainan kartu angka dan gambar pada anak di TK ABA Kraguman I Jogonalan Klaten Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti, guru kelas, dan Kepala Sekolah. Data dikumpulkan menggunakan metode observasi dan dokumentasi. Data dianalisis secara kuantitatif model alur, dengan 3 siklus, yang setiap siklusnya dilakukan dua kali pertemuan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berhitung permulaan anak TK ABA Kraguman I Jogonalan Klaten melalui permainan kartu angka dan gambar, sebelum tindakan sampai dengan siklus III yaitu sebelum tindakan 40%, siklus I 60,41%, siklus II 73,54%, dan siklus III 86,87%. Kesimpulan penelitian ini adalah melalui permainan kartu angka dan gambar dapat meningkatkan kemampuan berhitung permulaan anak TK ABA Kraguman I Jogonalan Klaten.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: berhitung permulaan, Kartu Angka dan Gambar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 20 Apr 2012 05:57
Last Modified: 20 Apr 2012 09:04
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18102

Actions (login required)

View Item View Item