PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN CROSSWORD PUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI MINAT DAN AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP N I MOJOTENGAH WONOSOBO TAHUN AJARAN 2007/2008

Jannah, Atika Nur (2008) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN CROSSWORD PUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI MINAT DAN AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP N I MOJOTENGAH WONOSOBO TAHUN AJARAN 2007/2008. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img] PDF
A410030057.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (932kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : Pengaruh penggunaan strategi pembelajaran crossword puzzle terhadap hasil belajar matematika siswa. Pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar matematika siswa., pengaruh aktivitas belajar matematika terhadap hasil belajar matematika siswa, serta untuk mengetahui interaksi antara strategi pembelajaran, minat, dan aktivitas belajar matematika terhadap hasil belajar matematika siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII Semester I SMP N I Mojotengah tahun ajaran 2007/2008, yang terdiri dari delapan kelas. Sampel digunakan diambil dengan cara Cluster Sampling dengan cara undian dan hasil dari tehnik ini adalah kelas VII F sebagai kelas kontrol, VII G sebagai kelas eksperimen . Tehnik analisis data yang digunakan adalah analisis variansi tiga jalan dengan frekuensi tak sama yang sebelumnya diuji persyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian pada α = 5 % menunjukan bahwa: 1). Terdapat pengaruh penggunaan metode pembelajaran terhadap hasil belajar matematika siswa, hal ini ditunjukkan oleh besarnya Fhitung=5.116>Ftabel=3.89. 2) Terdapat pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar matematika siswa, hal ini ditunjukkan oleh besarnya Fhitung=5.675>Ftabel=3.89. 3) Terdapat pengaruh aktivitas belajar terhadap hasil belajar matematika siswa, hal ini ditunjukkan oleh besarnya Fhitung=26.769>Ftabel=3.89. 4) Tidak terdapat interaksi antara penggunaan metode pembelajaran dengan minat dan aktivitas belajar terhadap hasil belajar siswa, hal ini ditunjukkan oleh besarnya Fhitung=0.365<Ftabel=3.89. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pembelajaran matematika menggunakan strategi pembelajaran crossword puzzle, minat, dan aktivitas belajar siswa berpengaruh terhadap hasil belajar siswa sehingga dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada pokok bahasan bilangan bulat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Crossword Puzzle, Minat, Aktivitas, Hasil belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 23 Jul 2008 03:04
Last Modified: 31 Jan 2011 07:03
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/181

Actions (login required)

View Item View Item