Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif NHT (Numbered Heads Together) Dengan Media Gambar Untuk Meningkatkan Kualitas Belajar Biologi Siswa Kelas Viid Smp Negeri 2 Colomadu Tahun Pelajaran 2011/2012

Lina, Eka Masri Ayu (2012) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif NHT (Numbered Heads Together) Dengan Media Gambar Untuk Meningkatkan Kualitas Belajar Biologi Siswa Kelas Viid Smp Negeri 2 Colomadu Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02.halaman_judul.pdf

Download (768kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03.BAB_I.pdf

Download (648kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (705kB)
[img] PDF (Bab III)
05.BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (744kB)
[img] PDF (Bab IV)
06.BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (743kB)
[img] PDF (Bab V)
07.BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (492kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08.DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (570kB)
[img] PDF (Lampiran)
09.LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1. Adanya peningkatan hasil belajar biologi siswa kelas VII D SMP Negeri 2 Colomadu melalui model pembelajaran kooperatif NHT (Numbered Heads Together) dengan media gambar; 2. Adanya peningkatan aktivitas belajar biologi siswa kelas VII D SMP Negeri 2 Colomadu melalui model pembelajaran kooperatif NHT (Numbered Heads Together) dengan media gambar. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas dilakukan pada siswa kelas VII D SMP Negeri 2 Colomadu dengan jumlah siswa 32 siswa wanita 13 siswa dan laki-laki 19 siswa. SMP Negeri 2 Colomadu terletak di Pulosari, Malangjiwan, Colomadu, Karanganyar. Metode pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode wawancara, metode observasi, angket dan test serta dokumentasi. Rancangan penelitian menggunakan prosedur dialog awal, perencanaan, tindakan, observasi, refleksi dan evaluasi. Instrument penilaian meliputi penilaian kognitif, afektif dan keaktifan. Hasil penelitian menunjukkan keaktifan siswa mengalami peningkatan bila dibandingkan dengan siklus I. Pada siklus I persentase keaktifan siswa adalah 59.375% dan setelah tindakan siklus II meningkat menjadi 81.25%. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif NHT (Numbered Heads Together) dapat meningkatkan keaktifan siswa sebanyak 21,875% dari siklus I ke siklus II. Hasil tes kognitif siklus II persentase ketuntasan 90,63%, hal ini menunjukkan bahwa dengan model pembelajaran kooperatif NHT (Numbered Head Together) dapat meningkatkan hasil prestasi belajar dilihat dari aspek kognitif bila dibandingkan pada siklus I sebesar 50% menjadi 90,63% pada siklus II. Nilai afektif siswa terjadi peningkatan siswa sangat baik sebanyak 7 siswa atau 21,875% siswa yang pada kategori baik sebanyak 12 siswa atau 37,5%; siswa yang kurang baik sebanyak 7 siswa atau 21,875% dan siswa yang tidak baik sebanyak 6 siswa atau 18,75%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif NHT ( Numbered Heads Together) Dengan Media Gambar Untuk Meningkatkan Kualitas Belajar Biologi Siswa Kelas VIID SMP Negeri 2 Colomadu Tahun Pelajaran 2011/2012.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar ( kognitif dan afektif), proses (keaktifan), NHT (Numbered Heads Together), media gambar, organisasi kehidupan.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 19 Apr 2012 11:13
Last Modified: 19 Apr 2012 11:13
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18092

Actions (login required)

View Item View Item