Penilaian Pelaksanaan Pengawasan Pajak Terhadap Penerimaan Pajak Daerah Pemerintah Kota Surakarta (Studi Pada Inspektorat Kota Surakarta

Andrianto, Apit (2012) Penilaian Pelaksanaan Pengawasan Pajak Terhadap Penerimaan Pajak Daerah Pemerintah Kota Surakarta (Studi Pada Inspektorat Kota Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (halaman depan)
02_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (600kB)
[img]
Preview
PDF (Bab.I)
03_BAB_I.pdf

Download (134kB)
[img] PDF (Bab.II)
04_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (197kB)
[img] PDF (Bab.III)
05_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (177kB)
[img] PDF (Bab.IV)
06_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (891kB)
[img] PDF (Bab.V)
07_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (104kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
08_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (54kB)
[img] PDF (Lampiran)
09_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (195kB)

Abstract

Pajak merupakan salah satu unsur yang sangat penting dalam pelaksanaan pembangunan di daerah. Karena dengan pajak pemerintah dapat membiayai pembangunan yang diselenggarakan pemerintah daerah demi tercapainya kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat. Sehingga mekanisme pengawasan dalam pemungutan pajak daerah perlu diawasi agar penggunaanya dapat efeketif, efisien dan tepat sasaran. Penelitian ini bertujuan : (1) Untuk menilai bagaimana pengawasan preventif yang dilakukan oleh Inspektorat kota Surakarta terhadap penerimaan pajak daerah kota Surakarta, (2) Untuk menilai seberapa efektif dan efisien pengawasan yang mereka lakukan tersebut diukur dari keberhasilan penerimaan daerah. Jenis penelitian ini adalah studi kasus pada Inspektorat Kota Surakarta selama periode 2008-2010. Metode pengumpulan data dengan studi pustaka, dokumentasi, dan observasi. Tekhnik analisis data (1) Menghitung tingkat efektivitas dari realisasi penerimaan (2) Menghitung efektivitas dari sisi subyek pemungutan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Pengawasan preventif yang dilakukan oleh Inspektorat Kota Surakarta terhadap penerimaan pajak daerah sudah optimal (2) Pengawasan yang mereka lakukan sudah efektif dan efisien dilihat dari keberhasilan penerimaan daerah selama periode 2008-2010.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengawasan Pajak Daerah dan Penerimaan Pajak Daerah.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 19 Apr 2012 11:01
Last Modified: 19 Apr 2012 11:01
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18090

Actions (login required)

View Item View Item