Pemanfaatan Register Bahasa Short Message Service (Sms) Sebagai Bahan Ajar Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Pokok Bahasan Ragam Wacana Nonsastra Di Sekolah Menengah Atas (Sma)

KARIMAH , ISNAINI LAILATUL (2012) Pemanfaatan Register Bahasa Short Message Service (Sms) Sebagai Bahan Ajar Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Pokok Bahasan Ragam Wacana Nonsastra Di Sekolah Menengah Atas (Sma). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Hal Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (79kB)
[img]
Preview
PDF (bab 1)
Bab_1.pdf

Download (24kB)
[img] PDF (Bab 2)
Bab_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (52kB)
[img] PDF (Bab 3)
Bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img] PDF (Bab 4)
Bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (75kB)
[img] PDF (Bab 5)
Bab_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (22kB)

Abstract

PEMANFAATAN REGISTER BAHASA SHORT MESSAGE SERVICE (SMS) SEBAGAI BAHAN AJAR PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA POKOK BAHASAN RAGAM WACANA NONSASTRA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) Isnaini Lailatul Karimah. A 310040033. Jurusan Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia, dan Daerah. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2011. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk register bahasa SMS pembaca pada rubrik Pilgub di Harian Meteor edisi Nopember 2007, ditinjau dari istilah- istilah singkatan dan akronim, penggunaan bahasa asing, dan penggunaan bahasa kontemporer atau daerah; mendeskripsikan pemanfaatan register bahasa SMS pembaca sebagai bahan ajar pembelajaran bahasa Indonesia di SMA. Penelitian ini mengambil lokasi di SMA Negeri 1 Simo Boyolali. Objek yang diteliti adalah register bahasa SMS pembaca pada rubrik Pilgub di Harian Meteor edisi Nopember 2007. Penelitian ini berbentuk penelitian kualitatif dengan pendekatan sosiolinguistik yaitu pendekatan penelitian dalam ilmu bahasa yang mengkaji bahasa dalam kaitannya dengan penggunaan bahasa dalam masyarakat. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, metode simak atau penyimakan, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode agih dan analisis kualitatif. Hasil analisis menunjukkan bahwa r egister bahasa dalam SMS pembaca pada rubrik Pilgub di Harian Meteor edisi Nopember 2007 merupakan bahasa yang khas yang digunakan dalam rubrik pilgub antar pembaca harian Meteor. Kekhasan register bahasa SMS dapat dilihat dari bentuk dan fungsi sosial registernya. Berdasarkan bentuknya, register dalam SMS pembaca pada rubrik Pilgub di Harian Meteor edisi Nopember 2007 dikelompokkan menjadi bentuk singkatan (KPU, KKN, UMR, NU) dan akronim (balon, cagub, pilkada), penggunaan bahasa asing ( sim card, backing, bargaining, dan money politic), dan penggunaan bahasa kontemporer ( ngumpet, cape deh, dan emang gue pikirin). Fungsi sosial register SMS adalah sebagai mengejek, merahasiakan, menunjukkan tempat, dan menamai). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan register bahasa SMS sebagai bahan ajar di di SMA Negeri 1 Simo Boyolali berpedoman pada nilai -nilai pendidikan yang terkandung dalam register (aspek bahasa, psikologi, budaya), s tandar isi pemilihan bahan ajar sesuai dengan pendidikan (etika, moral, sosial, dan religius), serta adanya kesesuaian dengan sandar kompetensi dan kompetensi dasar pelajaran bahasa Indonesia untuk SMA.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: register bahasa, short message service, bahan ajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Sapta Pujianta, S.I.Pust
Date Deposited: 19 Apr 2012 10:22
Last Modified: 19 Apr 2012 10:24
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18088

Actions (login required)

View Item View Item