Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Think-Pairshare (TPS) Menggunakan Media Flash Movie Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Biologi Pada Siswa Kelas VII SMP Al-Islam 1 Surakarta Tahun Ajaran 2011/201

Sari, Devi Ranita (2012) Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Think-Pairshare (TPS) Menggunakan Media Flash Movie Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Biologi Pada Siswa Kelas VII SMP Al-Islam 1 Surakarta Tahun Ajaran 2011/201. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (684kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf

Download (44kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (53kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (477kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (27kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji peningkatan aktivitas dan hasil belajar biologi melalui penerapan pembelajaran kooperatif model Think Pair Share (TPS) menggunakan media flash movie pada siswa kelas VII SMP AL – Islam 1 Surakarta tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas bersifat kolaboratif antara peneliti, dengan guru IPA sebagai kolaborator. Subjek penelitian adalah Siswa Kelas VIIB SMP Al-Islam 1 Surakarta yang berjumlah 28 siswa. Data dikumpulkan melalui metode observasi, tes, wawancara langsung, dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran biologi. Hal ini dapat dilihat dari aktivitas siswa selama pembelajaran berlangsung sebagai berikut: 1) sebelum tindakan aktivitas siswa sebesar 51,71% 2) tindakan siklus I aktivitas siswa sebesar 68,75% 3) tindakan siklus II aktivitas siswa sebesar 74,55%. Sedangkan peningkatan hasil belajar yang dicapai siswa selama pembelajaran berlangsung sebagai berikut: 1) sebelum tindakan hasil belajar siswa yang tuntas kkm (67) sebesar 60,71% 2) tindakan siklus I hasil belajar siswa yang tuntas kkm meningkat sebesar 71,43% 3) tindakan siklus II hasil belajar siswa yang tuntas kkm meningkat sebesar 85,71%. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan model belajar Think-Pair-Share (TPS) menggunakan media flash movie dalam pembelajaran biologi dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: Rak A420/2012-13
Uncontrolled Keywords: Think-Pair-Share (TPS), flash movie, hasil belajar, aktivitas siswa.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 19 Apr 2012 10:32
Last Modified: 21 Jun 2012 10:27
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18087

Actions (login required)

View Item View Item