Peningkatan Hasil Belajar Biologi Melalui Strategi Pembelajaran Think Pair Share (Berfikir, Berbagi Dalam Pasangan) Pada Materi Fotosintesis Siswa Kelas VIII B SMP N 2 Banyudono Tahun Ajaran 2011/2012

Muliawati, Siska (2012) Peningkatan Hasil Belajar Biologi Melalui Strategi Pembelajaran Think Pair Share (Berfikir, Berbagi Dalam Pasangan) Pada Materi Fotosintesis Siswa Kelas VIII B SMP N 2 Banyudono Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (2MB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (2MB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada aspek kognitif maupun aspek afektif pada materi fotosintesis kelas VIII B SMP Negeri 2 Banyudono Tahun Ajaran 2011/2012 dengan menerapkan Metode TPS (Think Pair Share). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan (tindakan), observasi, refleksi dan evaluasi yang terlaksana sebanyak 2 siklus. Sumber data diperoleh dari hasil belajar siswa (aspek kognitif) mata pelajaran biologi dan pengamatan sikap siswa selama proses pembelajaran berlangsung (aspek afektif) antara peneliti dan kolaborator. Penelitian ini diawali menyampaikan materi dengan menggunakan metode TPS (Think Pair Share) yang diakhiri kesimpulan dan pelaksanaan post-test setiap siklusnya. Indikator pencapaian dalam penelitian ini diharapkan pada pembelajaran biologi yang sebelumnya hanya 25% siswa dari 32 siswa kelas VIII B yang dapat mencapai batas ketuntasan KKM dapat mengalami peningkatan menjadi 85% siswa yang dapat mencapai nilai ketutasan KKM, dimana nilai KKM yaitu 7,00. Metode pengumpulan data pada penelitian ini meliputi metode wawancara, metode observasi, metode dokumentasi dan metode tes. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar disetiap siklus. Nilai KKM 70, sebelum tindakan sebanyak 8 siswa (25%) yang dapat mencapai nilai KKM, siklus I meningkat menjadi 22 siswa (68,75%) dan pada sikus II sebesar 29 siswa (90,63%). Nilai rata-rata kelas sebelum tindakan 60,91 meningkat pada siklus I yaitu 71,66 dan pada siklus II menjadi 82,03. Rata-rata hasil belajar siswa aspek afektif, nilai pada kondisi awal, siklus I, dan siklus II mengalami peningkatan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode TPS (Think Pair Share) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada aspek kognitif dan afektif pada materi fotosintesis kelas VIII B SMP Negeri 2 Banyudono Tahun Ajaran 2011/2012.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar kognitif, afektif, TPS (Think Pair Share), Fotosintesis.
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 19 Apr 2012 09:57
Last Modified: 19 Apr 2012 09:57
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18080

Actions (login required)

View Item View Item