Upaya Peningkatan Motivasi Dan Keaktifan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Strategi Genius Learning (PTK Terhadap Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah 1 Sragen)

Sari, Shinta Marlinda (2012) Upaya Peningkatan Motivasi Dan Keaktifan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Strategi Genius Learning (PTK Terhadap Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah 1 Sragen). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
halaman_depan.pdf

Download (468kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (103kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (357kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (228kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (253kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (90kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan keaktifan belajar siswa melalui strategi pembelajaran Genius Learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas X B SMA Muhammadiyah 1 Sragen yang berjumlah 26 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan motivasi dan keaktifan belajar siswa pada materi Logika melalui strategi pembelajaran Genius Learning. Hal ini dapat dilihat dari : 1) banyaknya siswa yang mengajukan pertanyaan pada proses pembelajaran sebelum tindakan sebanyak 4 siswa (15,4%), dan di akhir tindakan menjadi 8 siswa (30,8%), 2) siswa yang termotivasi mempresentasikan diskusinya sebelum tindakan sebanyak 6 siswa (23,1%), dan di akhir tindakan naik menjadi 10 siswa (38,5%), 3) siswa yang mengerjakan soal di depan kelas sebelum tindakan sebanyak 3 siswa (11,5%), dan di akhir tindakan naik menjadi 6 siswa (23,1%), 4) siswa yang mencatat sebelum tindakan sebanyak 15 siswa (57,7%), dan di akhir tindakan menjadi 21 siswa (80,8%), 5) siswa yang mengerjakan tugas dari guru sebelum tindakan sebanyak 5 siswa (19,2%), di akhir tindakan menjadi 15 siswa (57,7%), 6) siswa yang aktif mempresentasikan hasil diskusinya sebelum tindakan sebanyak 4 siswa (15,4%), di akhir tindakan naik menjadi 10 siswa (38,5%), dan 7) siswa yang membantu siswa lain yang mengalami kesulitan dalam mengerjakan soal di depan kelas sebelum tindakan sebanyak 2 siswa (7,7%), dan di akhir tindakan naik menjadi 5 siswa (19,2%).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: Rak A410/2012-24
Uncontrolled Keywords: Genius Learning, motivasi dan keaktifan_belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 19 Apr 2012 09:28
Last Modified: 21 Jun 2012 07:23
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18077

Actions (login required)

View Item View Item