Peningkatan Hasil Belajar Keterampilan Bercerita Lisan Melalui Pendekatan Pragmatik Pada Siswa Kelas VI SD Negeri 2 Andong Tahun Pelajaran 2011/2012

Haryanti, Haryanti (2012) Peningkatan Hasil Belajar Keterampilan Bercerita Lisan Melalui Pendekatan Pragmatik Pada Siswa Kelas VI SD Negeri 2 Andong Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan )
Halaman_Depan.pdf

Download (52kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (27kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (38kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (175kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Dartar_pustaka.pdf

Download (13kB)
[img] PDF (Lampiran )
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (700kB)

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dengan penerapan pendekatan pembelajaran pragmatik pada siswa Kelas VI SD Negeri 2 Andong, Kecamatan Andong, Kabupaten Boyolali tahun ajaran 2011/ 2012. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas VI SD Negeri 2 Andong sebanyak 16 terdiri 7 siswa perempuan dan 9 siswa laki-laki. Latar belakang penelitian ini adalah Pragmatik mempunyai peran yang sangat penting bagi perkembangan kognitif individu. Perkembangan kognitif terjadi melalui interaksi dan percakapan seorang anak dengan lingkungan sekitarnya, baik dengan teman sebaya, orang dewasa atau orang lain dalam lingkungannya. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah: “Apakah dengan penerapan pendekatan pembelajaran pragmatik dapat meningkatkan keterampilan bercerita lisan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa Kelas VI SD Negeri 2 Andong, Kecamatan Andong, Kabupaten Boyolali tahun ajaran 2011/ 2012?”. Data dikumpulkan melalui metode tes, observasi, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah diskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan pembelajarandengan menggunakan pendekatan pragmatik , terjadi perubahan positif yang dapat dibuktikan dari hasil skor tes awal ke skor tes akhir yang dimana hasilnya mengalami peningkatan . Hal tersebut dapat dibuktikan hasil tiap siklus dimana siklus I daya serap yang diperoleh anak adalah 68,75%, pada siklus dua daya serap meningkat 31,25% menjadi 100%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran pragmatik, hasil siswa meningkat
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 19 Apr 2012 09:15
Last Modified: 19 Apr 2012 09:15
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18075

Actions (login required)

View Item View Item