Pelaksanaan Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas) Berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan No. 125/Menkes/Sk/Ii/2008 (Studi Di Kabupaten Wonogiri)

Hariyadi, Bambang (2012) Pelaksanaan Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas) Berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan No. 125/Menkes/Sk/Ii/2008 (Studi Di Kabupaten Wonogiri). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan )
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (62kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (146kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (142kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (19kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (695kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan Program jaminan kesehatan bagi masyarakat miskin (Jamkesmas) di Kabupaten Wonogiri. Untuk mengetahui hambatan apa saja yang timbul dengan Pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan Bagi Warga Miskin (Jamkesmas) Di Kabupaten Wonogiri dan bagaimana cara penyelesaiannya. Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan yuridis sosiologis. Spesifikasi penelitian dalam penulisan hukum ini adalah bersifat deskriptif analitis. Jenis datanya berupa data primer dan sekunder, yang terdiri atas bahan hukum primer, sekunder dan tersier. Teknik pengumpulan data adalah studi wawancara, kepustakaan atau dokumentasi. Metode analisis data yang dipergunakan adalah analisis data kualitatif kemudian disimpulkan menggunakan logika deduksi untuk membangun sistem hukum positif. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan Program jaminan kesehatan bagi masyarakat miskin (Jamkesmas) di Kabupaten Wonogiri khususnya di puskesmas Puhpelem sudah terimplementasi sesuai dengan tujuan yang terdapat pada keputusan Menteri Kesehatan No 125/MENKES/SK/II/2008 tentang pedoman penyelenggaran Program Jaminan Kesehatan Masyarakat yaitu meningkatnya akses dan mutu pelayanan kesehatan terhadap seluruh masyarakat miskin dan tidak mampu agar tercapai derajat kesehatan masyarakat yang optimal secara efektif sehingga tercipta masyarakat miskin yang sehat dan produktif untuk menunjang program pengentasan kemiskinan. Masalah- masalah yang dihadapi dalam memberikan pelayanan kesehatan di Kabupaten Wonogiri adalah terbatasnya tenaga medis dan serta terbatasnya sarana dan prasarana. Usaha-usaha yang dilakukan dalam mengatasi kendala tersebut adalah dengan mengusulkan kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Wonogiri mengenai penambahan tenaga kesehatan serta usulan mengenai penambahan sarana dan prasarana khususnya penambahan ruang laboratorium.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Rak C100/2012-25
Uncontrolled Keywords: JAMKESMAS (Jaminan Kesehatan Masyarakat), tenaga kesehatan
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Hukum
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 19 Apr 2012 04:49
Last Modified: 21 Aug 2017 01:54
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18061

Actions (login required)

View Item View Item