Pengaruh Komitmen Terhadap Kepuasan Kerja Auditor Dengan Motivasi Sebagai Variabel Moderating (Studi Kasus pada Kantor Akuntan Publik di Kota Surakarta)

HARDOYO, EKO (2012) Pengaruh Komitmen Terhadap Kepuasan Kerja Auditor Dengan Motivasi Sebagai Variabel Moderating (Studi Kasus pada Kantor Akuntan Publik di Kota Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._Halaman_Sampul.pdf

Download (225kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (26kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (68kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (125kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (70kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._Daftar_Pustaka.pdf

Download (15kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan komitmen organisasisonal dan komitmen profesional dengan kepuasan kerja auditor serta Interaksi antara komitmen organisasional dan komitmen profesional dengan motivasi berpengaruh terhadap kepuasan kerja auditor. Berdasarkan hasil penelitian diharapkan dapat memberikan masukan bagi pengembangan sumber daya manusia dalam organisasi publik, khususnya yang berkaitan dengan komitmen organisasional dan pengaruhnya terhadap kepuasan kerja dengan mediasi motivasi. Metode penelitian yang digunakan untuk menentukan hubungan antara variabel independen (X) dengan variabel dependen (Y) adalah penelian survey. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan alat analisis Moderated Regression Analysis. Populasi dalam penelitian ini adalah semua auditor yang bekerja pada Kantor Akuntan Publik yang ada di Kota Surakarta. Dengan metode purposive sampling maka diperoleh 35 auditor sebagai sampel penelitian. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa: 1) pengujian hipotesis pertama (H1) dengan analisis regresi linier berganda memperoleh nilai thitung sebesar -3,146 dan p-value sebesar 0,004. Karena nilai p<0,05, maka H1 diterima. Berarti komitmen organisasional berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja auditor di KAP Kota Surakarta; 2) pengujian hipotesis kedua (H2) dengan analisis regresi linier berganda memperoleh nilai thitung sebesar 2,687 dan p-value sebesar 0,012. Karena nilai p<0,05, maka H2 diterima. Berarti komitmen profesional berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja auditor di KAP Kota Surakarta; 3) pengujian hipotesis kedua (H3) dengan analisis regresi linier berganda memperoleh nilai thitung sebesar -1,1592 dan p-value sebesar 0,122. Karena nilai p>0,05, maka H3 ditolak. Berarti motivasi tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja auditor di KAP Kota Surakarta; 4) pengujian hipotesis ketiga (H4) dengan analisis regresi metode MRA memperoleh nilai thitung untuk pengaruh motivasi terhadap komitmen organisasional dengan kepuasan kerja auditor sebesar 3,212 dan p-value sebesar 0,003. Karena p<0,05 ditolak pada taraf signifikansi 5% dan H4 diteirma; artinya motivasi mempengaruhi hubungan komitmen organisasional dengan kepuasan kerja auditor; dan 5) pengujian hipotesis ketiga (H5) dengan analisis regresi metode MRA memperoleh nilai thitung untuk pengaruh motivasi terhadap komitmen profesional dengan kepuasan kerja auditor sebesar -2,131 dan p-value sebesar 0,042. Karena p<0,05 diterima pada taraf signifikansi 5% dan H5 diteirma; artinya motivasi mempengaruhi hubungan komitmen profesional dengan kepuasan kerja auditor.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: komitmen profesional, komitmen organisasional, motivasi, kepuasan kerja auditor.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 18 Apr 2012 11:04
Last Modified: 18 Apr 2012 11:04
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18056

Actions (login required)

View Item View Item