Analisis Rasionalitas Investor Dalam Pemilihan Saham Dan Penentuan Portofolio Optimal Menggunakan Model Indeks Tunggal Pada Perusahaan Yang Terdaftar Dalam Indeks LQ 45 Di BEI Tahun 2007-2009

RUSADI, MELIA DWI (2012) Analisis Rasionalitas Investor Dalam Pemilihan Saham Dan Penentuan Portofolio Optimal Menggunakan Model Indeks Tunggal Pada Perusahaan Yang Terdaftar Dalam Indeks LQ 45 Di BEI Tahun 2007-2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (991kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (27kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (62kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (129kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (292kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (22kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (17kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penentuan portofolio optimal menggunakan model indeks tunggal dan mengidentifikasi ada tidaknya rasionalitas investor dalam pemilihan saham dan penentuan portofolio optimal di Bursa Efek Indonesia, sehingga dapat mengetahui bagaimanakah komposisi portofolio optimal yang dibentuk dengan model indeks tunggal untuk saham-saham yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dan apakah terdapat rasionalitas investor dalam pemilihan saham dan penentuan portofolio optimal di Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini merupakan studi empiris. Populasi yang diambil dalam penelitian ini seluruh saham perusahaan yang terdaftar dan aktif diperdagangkan di BEI yang tergabung dalam indeks LQ-45 selama 36 periode pengamatan dimulai dari bulan Januari 2007 sampai dengan bulan Desember 2009. Adapun teknik pengambilan sampel dengan metode non probability sampling yang digunakan adalah berupa judgement sampling. Penelitian ini menggunakan saham yang tercatat di Bursa Efek Jakarta yang termasuk dalam indeks LQ-45 dan secara berturut-turut masuk dalam perhitungan indeks LQ-45 selama 36 periode pengamatan dari bulan Januari 2007 sampai dengan Desember 2009. Teknik analisis data yang digunakan diantaranya perhitungan portofolio indeks tunggal, rasionalitas investor ditentukan dengan cara membandingkan rata-rata frekuensi perdagangan saham antara saham-saham yang diikutkan dalam portofolio optimal dengan saham-saham yang tidak diikutkan dalam portofolio optimal, dan pengujian hipotesis dengan uji Independent Sample T-Test. Dari hasil perhitungan diperoleh hasil bahwa : (1) Portofolio optimal yang dibentuk berdasarkan model indeks tunggal dari 18 sampel penelitian hanya 13 perusahaan yang masuk dalam pembentukan portofolio optimal; (2) Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan independent sample t-test diketahui nilai thitung -0,510 dengan nilai probabilitas 0,617. Oleh karena nilai probabilitas > 0,05 maka Ho diterima, atau kedua rata-rata (mean) frekuensi perdagangan saham kandidat portofolio optimal dan saham bukan kandidat portofolio optimal benar-benar berbeda, yaitu saham kandidat portofolio optimal memiliki rata-rata frekuensi perdagangan saham yang lebih besar daripada saham bukan kandidat portofolio optimal namun tidak signifikan. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat rasionalitas investor dalam pemilihan saham dan pembentukan portofolio optimal berdasarkan model indeks tunggal di Bursa Efek Indonesia tahun 2007-2009, namun rasionalitas investor tersebut kurang signifikan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: Rak B200/2012-10
Uncontrolled Keywords: Rasionalitas Investor, Portofolio optimal, Saham, Indeks Tunggal.
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 18 Apr 2012 10:57
Last Modified: 26 Jun 2012 11:02
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18055

Actions (login required)

View Item View Item