Analisis Pengaruh Tenaga Kerja,Tingkat Pendidikan, dan Pengeluaran Pemerintah terhadap Pertumbuhan Ekonomi Di Kabupaten Rembang

AGRESIA, STEFANI YOSI (2012) Analisis Pengaruh Tenaga Kerja,Tingkat Pendidikan, dan Pengeluaran Pemerintah terhadap Pertumbuhan Ekonomi Di Kabupaten Rembang. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (217kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf

Download (185kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (174kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (197kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (199kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (92kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (311kB)

Abstract

Pertumbuhan ekonomi di kabupaten Rembang mengalami fluktuasi, penurunan dan kenaikan tiap tahunnya dapat dipengaruhi oleh tenaga kerja, tingkat pendidikan dan pengeluaran pemerintah. Laju pertumbuhan angkatan kerja yang bekerja lebih kecil tak sebanding dengan laju pertumbuhan penduduk dengan pendidikan minimal SLTA + (tamatan SLTA dan perguruan tinggi), Hal ini mengindikasikan bahwa belum terserapnya secara maksimal penyerapan angkatan kerja penduduk pendidikan minimal SLTA di Kabupaten Rembang. Sehingga banyak pencari kerja terdidik (pengangguran terdidik) yang belum terserap di pasar tenaga kerja di Kabupaten Rembang. Realisasi belanja pemerintah terus meningkat tiap tahunnya, hal ini berpengaruh baik bagi pertumbuhan ekonomi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis besarnya pengaruh tenaga kerja, tingkat pendidikan dan pengeluaran pemerintah terhadap pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Rembang, data yang digunakan adalah data times series dan diambil mulai dari tahun 1990 sampai dengan tahun 2010. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode ECM (Error Correction Model). Hasil estimasi yang diperoleh menunjukkan bahwa variabel tenaga kerja dalam jangka pendek berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi, dan dalam jangka panjang variabel tenaga kerja, tingkat pendidikan dan pengeluaran pemerintah berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: Rak B300/2012-05
Uncontrolled Keywords: pertumbuhan ekonomi, tenaga kerja, tingkat pendidikan dan pengeluaran pemerintah
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 18 Apr 2012 10:43
Last Modified: 21 Jun 2012 10:47
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18053

Actions (login required)

View Item View Item