Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kemauan Untuk Membayar Pajak Pada Usaha Mikro, Kecildan Menengah Di Surakarta (Studi Kasus Pada Usaha Batik Di Kampoeng Batik Laweyan SurakartaI

KHAIRUNNISA, KHAIRUNNISA (2012) Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kemauan Untuk Membayar Pajak Pada Usaha Mikro, Kecildan Menengah Di Surakarta (Studi Kasus Pada Usaha Batik Di Kampoeng Batik Laweyan SurakartaI. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (769kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (30kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (86kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (148kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (116kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (220kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris dengan menggunakan data primer, mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi kemauan untuk membayar pajak pada usaha, mikro, kecil dan menengah di Surakarta. Sampel yang digunakan adalah pemilik UMKM. Kuesioner yang kembali dan diolah sebanyak 56 kuesioner. Metode pengujian instrumen menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah regresi linier berganda yang mencangkup Uji t, Uji F dan R2. Semua data yang diperoleh, diolah dengan program SPSS 16.0 yang terlebih dahulu diuji dengan menggunakan Uji asumsi klasik yaitu Uji normalitas, Uji multikolinieritas dan Uji heteroskedastisitas. Dalam uji validitas dan reliabilitas menunjukan bahwa seluruh item pertanyaan dalam kuesioner untuk variabel independen dan dependen adalah valid dan reliabel. Adapun uji asumsi klasik menunjukan bahwa data berdistribusi normal, sedangkan hasil uji asumsi klasik yang lain menunjukan bahwa seluruh variabel bebas dari multikolinieritas dan heteroskedastisitas. Hasil uji t menunjukan bahwa variabel kesadaran membayar pajak tidak berpengaruh terhadap kemauan membayar pajak, sedangkan pengetahuan dan pemahaman tentang peraturan perpajakan dan efektivitas sistem perpajakan berpengaruh secara statistik signifikan terhadap kemauan membayar pajak. Dimana untuk nilai signifikan t untuk variabel kesadaran membayar pajak 0,368 (p>0,05) dengan t hitung sebesar 0,909, variabel pengetahuan dan pemahaman tentang peraturan perpajakan sebesar 0,001(p<0,05) dengan t hitung sebesar 3,361, variabel efektivitas sistem perpajakan sebesar 0,001 (p<0,05) dengan t hitung sebesar 3,398.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemauan membayar pajak, Kesadaran membayar pajak, Pengetahuan dan pemahaman tentang peraturan perpajakan, Efektivitas sistem perpajakan.
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 18 Apr 2012 10:32
Last Modified: 18 Apr 2012 10:58
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18049

Actions (login required)

View Item View Item