Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan: Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia

DEWI, INDAH PERMATA (2012) Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan: Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
halaman_awal.pdf

Download (119kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (66kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (73kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (140kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (130kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (24kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (15kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (144kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan memberikan bukti empiris tentang pengaruh karakteristik perusahaan yang diproksi dalam ukuran perusahaan (size), profitabilitas, leverage, ukuran dewan komisaris, dan kepemilikan manajerial terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2009-2010. Metode pemilihan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan pendekatan purposive sampling. Berdasarka kriteria yang telah ditetapkan diperoleh sampel sebanyak 22 perusahaan tiap tahunnya. Metode analisis data yang digunakan adalah metode analisis regresi berganda. Penggunaan metode analisis regresi berganda dalam pengujian hipotesis, harus memenuhi asumsi klasik yang meliputi uji normalitas, uji heteroskedastisitas, uji multikolinearitas, dan uji autokorelasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan diperoleh hasil bahwa hanya variabel ukuran perusahaan (size) yang memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan dengan nilai sig 0,001 < 0,05 (α). Sedangkan untuk variabel profitabilitas, leverage, ukuran dewan komisaris, dan kepemilikan manajerial tidak berpengaruh terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan karena nilai signifikansi t > 0,05.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: tanggung jawab sosial, ukuran perusahaan, profitabilitas, leverage, ukuran dewan komisaris, dan kepemilikan manajerial.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 18 Apr 2012 10:25
Last Modified: 18 Apr 2012 10:25
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18047

Actions (login required)

View Item View Item