Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kemauan Membayar Pajak Bagi Wajib Pajak Orang Pribadi Yang Melakukan Kegiatan Usaha Dan Pekerjaan Bebas (Studi Kasus Pada KPP Pratama Karanganyar)

WULANDARI, ISNA PUSPA (2012) Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kemauan Membayar Pajak Bagi Wajib Pajak Orang Pribadi Yang Melakukan Kegiatan Usaha Dan Pekerjaan Bebas (Studi Kasus Pada KPP Pratama Karanganyar). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (509kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (32kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (62kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (124kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (101kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (14kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (86kB)

Abstract

Kemauan wajib pajak membayar pajak membayar kewajiban perpajakan merupakan hal penting dalam penarikan pajak. Sebab dalam sistem self assesment, kesadaran membayar pajak merupakan faktor pentin dalam pelaksanaan sistem tersebut. Penetahuan dan pemahaman yang baik tentang pemberlakuan sistem perpajakan akan memudahkan pelaksanaan sistem perpajakan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganakisis pengaruh perpajakan, dan persepsi yang baik atas efektifitas sistem perpajakan terhadap kemauan membayar pajak wajib pajak bgi orang pribadi tang melakukan pekerjaan bebas. Penelitian ini mengunakan metode penelitian assosiaif yaitu untuk mengetahui hubungan antara dua variabel. Populasi dalam penelitian ini adalah wajib pajak orang pribadi yang melakukan pekerjaan bebas yang terdaftar pada KPP Pratama Karanganyar. Teknik pengambilan sampel mengunakan convenience sampling yaitu pengambilan sampel yang dipermudah. Sampel peelitian sebanyak 37 wajib pajak orang pribadi yang melakukan pekerjaan bebas di KPP Pratama Karanganyar. Teknik pengumpulan data mengunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan reresi berganda, uji F, uju t, dan uji kefisien determinasi. Sebelumnya dilakukan uji asumsi klasik berupa uji normalitas, uji multikolonieritas, uji heteroskedastisitas, dan uji autokorelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kesadaran membayar pajak berpengaruh positif terhadap kemauan membayar pajak. Hasil analisis regresi memperoleh nilai koefisien b1 adalah sebesar 0,473 dengan nilai t = 3,372 terbukti signifikan dengan nilai p<0,05 dan H1 diterima. Artinya semakin tinggi tingkat kesadaran membayar pajak, maka kemauan membayar pajak akan semakin tinggi; (2) Pengetahuan dan pemahaman perpajakan berpengaruh positif terhadap kemauan membayar pajak. Hasil analisis regresi memperoleh nilai koefisien b2 adalah sebesar 0,317 dengan nilai t sebesar 2,238 terbukti signifikan dengan nilai p<0,05 dan H2 diterima. Artinya semakin tinggi tingkat pengetahuan dan pemahaman perpajakan, maka kemauan membayar pajak akan semakin tinggi; (3) Persepsi tentang efektivitas perpajakan berpengaruh positif terhadap kemauan membayar pajak. Hasil analisis regresi memperoleh nilai koefisien b3 adalah sebesar 0,341 dengan nilai t = 2,753 terbukti signifikan dengan nilai p<0,05 dan H3 diterima. Artinya semakin baik persepsi tentang efektivitas perpajakan, maka kemauan membayar pajak akan semakin tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kesadaran Wajib Pajak, Pengetahuan dan Pemahaman tentang Peraturan Perpajakan, Persepsi yan baik atas Efektifitas Sistem Perpajakn, Kemauan Membayar Pajak, wajib pajak Orang Pribadi yang Melakukan Pekerjaan Bebas
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 18 Apr 2012 09:42
Last Modified: 18 Apr 2012 09:43
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18041

Actions (login required)

View Item View Item