Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Dalam Laporan Keuangan Tahunan Perusahaan Manufaktur Yang Go Publik Di Bursa Efek Indonesia Periode 2008-2010

Akroni , Reza Pahlevi Aviccena Wais (2012) Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Dalam Laporan Keuangan Tahunan Perusahaan Manufaktur Yang Go Publik Di Bursa Efek Indonesia Periode 2008-2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan )
02._Halaman_Sampul.pdf

Download (990kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (255kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (250kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (382kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (352kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._Daftar_Pustaka.pdf

Download (226kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Wacana mengenai Corporate Social Responsibility (CSR) menjadi hal yang sangat penting seiring dengan tuntutan terhadap perusahaan yang semakin besar. Perusahaan diharapkan mengungkapkan informasi sosial dalam laporan keuangan (laporan tahunan) agar keberadaan perusahaan dapat tumbuh dan berkembang secara berkelanjutan (sustainable). Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pengaruh variabel ukuran perusahaan, kepemilikan manajemen, tipe industri, leverage, dan profitabilitas terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial (Corporate Social Responsibility) dalam laporan keuangan tahunan perusahaan manufaktur di Indonesia. Dalam penelitian ini data yang digunakan merupakan data sekunder yang diperoleh dari Bursa Efek Indonesia (www.idx.ac.id) dan Indonesian Capital Market Directory pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI periode 2008-2010. Penarikan sampel dipilih dengan metode purposive sampling dengan kriteria yang telah ditentukan, sehingga diperoleh sampel sebanyak 41 perusahaan. Pengolahan data dan analisis data menggunakan analisis regresi berganda dengan dilakukan uji asumsi klasik terlebih dahulu. Hasil pengujian secara simultan menunjukan bahwa ukuran perusahaan, kepemilikan manajemen, tipe industri, leverage, dan profitabilitas berpengaruh terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial (Corporate Social Responsibility). Secara parsial hanya variabel ukuran perusahaan (size) dan leveage yang berpengaruh terhadap tanggung jawab sosial (Corporate Social Responsibility), sedangkan variabel kepemilikan manajemen, tipe industri dan profitabilitas tidak terbukti berpengaruh terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial (Corporate Social Responsibility). Dari hasil analisis regresi diperoleh nilai Adjusted R2 sebesar 36,6%, sehingga 63,4% variabel pengungkapan tanggung jawab sosial dalam penelitian ini dijelaskan oleh variabel-variabel lain yang tidak dimasukkan ke dalam penelitian. Oleh sebab itu, bagi peneliti berikutnya dapat menambah variabel independen lain terkait dengan pengungkapan tanggung jawab sosial (CSR) dengan harapan hasil penelitian menjadi lebih baik.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pengungkapan tanggung jawab sosial (corporate social responsibility), ukuran perusahaan, kepemilikan manajemen, tipe Industri, leverage, dan profitabilitas.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 18 Apr 2012 09:26
Last Modified: 18 Apr 2012 09:26
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18040

Actions (login required)

View Item View Item