Pengaruh Asimetri Informasi Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Praktik Manajemen Laba (Studi Pada Perusahaan Manufaktur di BEI)

Adiwena, Esti (2012) Pengaruh Asimetri Informasi Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Praktik Manajemen Laba (Studi Pada Perusahaan Manufaktur di BEI). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (704kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (109kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (223kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (185kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (149kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (56kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (83kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (435kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh asimetri informasi dan ukuran perusahaan terhadap praktik manajemen laba pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan manufaktur go public yang terdaftar di BEI periode 2007-2010. Jumlah sampeldalam penelitian ini sebanyak 30perusahaan. Metode pengumpulan sampel menggunakan teknik pengambilan purposive sampling. Untuk menguji hubungan antara variabel dependen (manajemen laba) dengan kedua variabel independen (asimetri informasi dan ukuran perusahaan) digunakan analisisregresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel asimetri informasi dan ukuran perusahaan secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap asimetri informasi dengan tingkat signifikansi 0,009 yang berarti lebih kecil dari 0,05. Hasil koefisien determinasi diperoleh nilai sebesar 0,079 yang berarti bahwa manajemen laba dapat dijelaskan oleh variabel asimetri informasi dan ukuran perusahaan sebesar7,9% dan sisanya sebesar 92,1% dijelaskan oleh variabel atau faktor lain yang belum diteliti dalam penelitian ini. Hasiluji t menunjukkan bahwa asimetri informasi dan ukuran perusahaan berpengaruh secara signifikan terhadap manajemen laba.Hal ini ditunjukkan dengan nilai signifikansi t sebesar 0,006 (asimetri informasi) lebih kecil dari 0,05dan 0,024 (ukuran perusahaan) lebih kecil dari 0,05.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: asimetri informasi, ukuran perusahaan, manajemen laba.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 18 Apr 2012 06:33
Last Modified: 19 Nov 2019 01:50
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18032

Actions (login required)

View Item View Item