Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Prediksi Peringkat Obligasi Pada Perusahaan Non-Keuangan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia

ANDINI, RIANA IKA (2012) Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Prediksi Peringkat Obligasi Pada Perusahaan Non-Keuangan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (266kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (40kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (109kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (218kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (124kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (26kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (29kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (185kB)

Abstract

Peringkat obligasi merupakan skala risiko dari semua obligasi yang diperdagangkan. Skala ini menunjukkan seberapa aman suatu obligasi bagi investor. Keamanan ini ditunjukkan dari kemampuan perusahaan dalam membayar bunga dan melunasi pokok pinjaman. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh ukuran perusahaan, leverage, profitabilitas, dan likuiditas terhadap prediksi peringkat obligasi pada perusahaan non-keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan non-keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dan yang mengeluarkan obligasi serta diperingkat oleh PT. Pefindo. Sedangkan sampel dipilih dengan cara purposive sampling sesuai kriteria-kriteria yang telah ditentukan. Jumlah sampel yang terkumpul sebanyak 54 perusahaan. Dengan adanya data outlier sebanyak 6 perusahaan maka sampel menjadi 48 perusahaan. Data yang telah dikumpulkan dianalisis dengan menggunakan analisis data yang terlebih dahulu dilakukan pengujian asumsi klasik sebelum melakukan pengujian hipotesis. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda dengan uji t, uji f, dan koefisien determinasi. Berdasarkan hasil pengujian, ditemukan bahwa variabel yang mempunyai pengaruh terhadap prediksi peringkat obligasi adalah ukuran perusahaan, leverage, dan profitabilitas. Hal ini menunjukkan bahwa besar kecilnya rasio ukuran perusahaan, leverage, dan profitabilitas dapat mempengaruhi baik dan buruknya prediksi peringkat obligasi dimasa yang akan datang khususnya perusahaan non-keuangan. Sedangkan variabel likuiditas tidak dapat mempengaruhi prediksi peringkat obligasi dimasa yang akan datang.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: Rak B200/2012-12
Uncontrolled Keywords: ukuranperusahaan, leverage, profitabilitas, likuiditas, peringkat obligasi
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 18 Apr 2012 05:53
Last Modified: 26 Jun 2012 11:03
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18029

Actions (login required)

View Item View Item