Pengaruh Partisipasi Anggaran Terhadap Senjangan Anggaran Dengan Komitmen Organisasi Dan Ketidakpastian Lingkungan Sebagai Variabel Moderating (Studi Empiris pada Rumah Sakit di Wilayah Kabupaten Jepara)

Almakhzumi, Yazid (2012) Pengaruh Partisipasi Anggaran Terhadap Senjangan Anggaran Dengan Komitmen Organisasi Dan Ketidakpastian Lingkungan Sebagai Variabel Moderating (Studi Empiris pada Rumah Sakit di Wilayah Kabupaten Jepara). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (368kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (39kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (65kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (67kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (141kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (15kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._Lampiran_Full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Anggaran tidak hanya sebagai alat perencanaan keuangan dan pengendalian, tetapi juga sebagai koordinasi, komunikasi, evaluasi kerja dan motivasi serta sebagai alat untuk mendelegasikan wewenang kepada bawahan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh partisipasi anggaran terhadap senjangan anggaran dengan komitmen organisasi dan ketidakpastian lingkungan sebagai variabel moderating. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan menggunakan data primer yang diperoleh dari kuesioner. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah manajer tingkat menengah dan tingkat bawah (kepala bagian, sub bagian, kepala unit) pada 2 Rumah Sakit di Wilayah Kabupaten Jepara yaitu RSU. Kartini JEPARA dan RSI. Sultan Hadirin yang diambil dengan metode tehnik purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 41 responden. Data yang diperoleh melalui uji normalitas, validitas reliabilitas, multikolinearitas, dan heteroskedastisitas dan hasilnya menunjukan data distribusi normal, semua variabel dalam dalam pnelitian ini mampu mengungkapkan apa yang akan diukur atau valid dan reliabel atau layak digunakan. Metode analsisi data menggunakan analisis regresi berganda Berdasarkan hasil analisi data dapat disimpulkan bahwa variabel partisipasi anggaran berpengaruh signifikan terhadap senjangan anggaran, hal ini ditunjukan oleh nilai p sebesar 0,000 diterima dengan taraf signifikansi 5% (p<0,05). Sedangkan komitmen organisasi tidak memoderasi pengaruh partisipasi anggaran dengan senjangan anggaran, hal ini dapat ditunjukan nilai p sebesar 0,527 lebih besar daripada taraf signifikansi 5% (p>0,05). Begitupula pada variabel ketidakpastian lingkungan tidak memoderasi pengaruh antara partisipasi anggaran terhadap senjangan anggran, hal ini dapat ditunjukan oleh nilai p sebesar 0,899 lebih besar daripada taraf signifikansi 5% (p>0,05)

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: partisipasi anggaran, komitmen organisasi, ketidakpastian lingkungan dan senjangan angggaran.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 18 Apr 2012 05:08
Last Modified: 18 Apr 2012 11:58
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18023

Actions (login required)

View Item View Item