Perbedaan Tingkat Kecemasan Berkomputer Berdasarkan Tipe Kepribadian dan Jenis Kelamin Pada Mahasiswa Akuntansi (Survei di Universitas Muhammadiyah Surakarta)

PRASANTI, ASRI (2012) Perbedaan Tingkat Kecemasan Berkomputer Berdasarkan Tipe Kepribadian dan Jenis Kelamin Pada Mahasiswa Akuntansi (Survei di Universitas Muhammadiyah Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_1.pdf

Download (33kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (57kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (67kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (18kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menguji apakah terdapat perbedaan tingkat kecemasan berkomputer berdasarkan tipe kepribadian dan jenis kelamin pada mahasiswa akuntansi. Tipe kepribadian diambil dari teori Carl Gustav Jung, dibagi menjadi empat dimensi saling berlawanan yang terdiri dari: (1) Extravert vs. Introvert, (2) Sensing vs. Intuitive, (3) Thinking vs. Feeling, (4) Judging vs. Perceiving. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Surakarta. Metode pengambilan sampel menggunakan non probability sampling berupa convenience sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji beda t-test berupa Independent samples t-test karena membandingkan mean dari dua kelompok yang berbeda (tidak berhubungan) dan data berdistribusi normal. Variabel/sampel dalam tipe kepribadian diukur menggunakan Myers-Briggs Type Indicator (MBTI), variabel/sampel jenis kelamin diukur dengan skala nominal, dan variabel kecemasan berkomputer (computer anxiety) diukur dengan Computer Anxiety Rating Scale (CARS). Hasil penelitian ini menyatakan bahwa tipe kepribadian yang dibagi menjadi empat dimensi saling berlawanan yang terdiri dari: (1) Extravert vs. Introvert, (2) Sensing vs. Intuitive, (3) Thinking vs. Feeling, (4) Judging vs. Perceiving serta jenis kelamin, masing-masing kelompok tersebut memiliki perbedaan tingkat kecemasan dalam berkomputer.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kecemasan Berkomputer (computer anxiety), Tipe Kepribadian, Jenis Kelamin (Gender)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 18 Apr 2012 04:59
Last Modified: 18 Apr 2012 12:04
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18022

Actions (login required)

View Item View Item