Efektifitas Model Pembelajaran Pemecahan Masalah Melalui Strategi Polya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa (Ptk Di Kelas Vii C Smp Negeri 1 Colomadu)

ARGININGSIH , DESTI (2012) Efektifitas Model Pembelajaran Pemecahan Masalah Melalui Strategi Polya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa (Ptk Di Kelas Vii C Smp Negeri 1 Colomadu). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Hal Depan)
COVER,_dst.pdf

Download (65kB)
[img]
Preview
PDF (bab 1)
BAB_I.pdf

Download (25kB)
[img] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (111kB)
[img] PDF (bab 3)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (56kB)
[img] PDF (bab 4)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (189kB)
[img] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (23kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (15kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN PEMECAHAN MASALAH MELALUI STRATEGI POLYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA ( PTK di Kelas VII C SMP Negeri 1 Colomadu ) Desti Arginingsih, A410080026, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2012, 115 halaman. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan proses pembelajaran matematika melalui strategi Polya dan mendeskripsikan peningkatan hasil belajar matematika pada siswa setelah menggunakan strategi Polya. Hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika dilihat dari indikator : (a) pemahaman, (b) keaktifan siswa, (c) kreativitas siswa. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan desain Penelitian Tindakan Kelas. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa dan guru kelas VII C SMP Negeri 1 Colomadu, Karanganyar tahun pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 25 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, observasi, catatan lapangan, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan metode alur, yaitu data dianalisis sejak tindakan pembelajaran dilaksanakan dan dikembangkan selama proses pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa tiap-tiap indikator hasil belajar dalam penelitian ini mengalami peningkatan. Peningkatan pemahaman meningkat dari 12 % menjadi 76%. Peningkatan keaktifan meliputi : (1) menjawab pertanyaan dari guru (8% menjadi 48%), (2) mengerjakan soal di depan kelas (8% menjadi 28%), (3) berdiskusi dengan teman saat menyelesaikan soal (16% menjadi 56%) dan (4) menanyakan materi yang belum jelas (4% menjadi 40%). Peningkatan kreativitas meliputi : (1) memahmami dan membuat model matematika (8% menjadi 64%), (2) menyusun dan melaksanakan rencana (8% menjadi 76%) dan (3) memeriksa kembali jawaban (0% menjadi 44%). Berdasarkan peningkatan indikator-indikator tersebut dapat disimpulkan bahwa, penerapan model pembelajaran pemecahan masalah melalui strategi Polya dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: model pembelajaran pemecahan masalah, strategi Polya, hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Sapta Pujianta, S.I.Pust
Date Deposited: 17 Apr 2012 10:23
Last Modified: 17 Apr 2012 10:23
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18013

Actions (login required)

View Item View Item