Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas Xi Sma Negeri 1 Bangsri Tahun Ajaran 2011/2012

Badriyah, Hanik (2012) Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas Xi Sma Negeri 1 Bangsri Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Hal Depan)
COVER,_dst.pdf

Download (632kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf

Download (26kB)
[img] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (202kB)
[img] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (17kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (22MB)

Abstract

PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 BANGSRI TAHUN AJARAN 2011/2012 Hanik Badriyah, A410080023, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2012, 93 halaman. Penelitian ini bertujuan (1) mengidentifikasi, menggambarkan dan mengkaji pengaruh kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar matematika, (2) mengidentifikasi, menggambarkan dan mengkaji pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika, dan (3) mengidentifikasi, menggambarkan dan mengkaji pengaruh kecerdasan emosional dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian ini mengambil lokasi di SMA Negeri 1 BANGSRI. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI dengan jumlah seluruhnya 256 siswa. Sampel diambil sebanyak 160 orang siswa berdasarkan rumus slovin dengan teknik sampling sistematis. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear ganda, uji keberartian regresi linear ganda (uji F) dan uji keberartian koefisien regresi linier ganda (uji t), selain itu dilakukan pula perhitungan sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Hasil penelitian ini adalah (1) kecerdasan emosional berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar matematika berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 2.737 > 1.96, (2) motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar matematika berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 3.71 > 1.96, dan (3) kecerdasan emosional dan motivasi belajar secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar matematika berdasarkan uji F diperoleh Fhitung > Ftabel, yaitu 3.81 > 3.00. Variabel kecerdasan emosional memberikan sumbangan efektif 31,72% dan variabel motivasi belajar memberikan sumbangan efektif 14.28%. Jadi total sumbangan efektif adalah 46%, sedangkan sisanya 54% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kecerdasan emosional, motivasi belajar, dan prestasi belajar matematika.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Sapta Pujianta, S.I.Pust
Date Deposited: 17 Apr 2012 10:08
Last Modified: 17 Apr 2012 10:08
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18011

Actions (login required)

View Item View Item