Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perusahaan Melakukan Auditor Switching (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Di Bursa Efek Indonesia)

Rasyid , Gusti Ahmad (2012) Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perusahaan Melakukan Auditor Switching (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Di Bursa Efek Indonesia). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan )
02._Halaman_Depan.pdf

Download (543kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (197kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (206kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (317kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (263kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (131kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Isu mengenai masalah independensi auditor terkait jangka waktu perikatan yang panjang masih menjadi masalah di berbagai negara, Pemerintah Republik Indonesia melalui Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 17/PMK.01/2008 mengatur tentang pembatasan jangka waktu perikatan KAP, sehingga berdampak pada pergantian KAP (auditor switching). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi perusahaan di Indonesia melakukan auditor switching diluar peraturan diatas. Beberapa penelitian terdahulu tentang auditor switching menunjukkan hasil yang berbeda-beda. Oleh karena itu, perlu dilakukan penelitian ulang untuk mencoba memverifikasi teori tentang auditor switching. Data yang digunakan adalah data perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2004-2009. Variabel yang digunkan dalam penelitian ini adalah pergantian manajemen, financial distress, presentase perubahan ROA, ukuran KAP, ukuran klien, share growth, dan auditor switching. Dengan menggunakan regresi logistik (logistic regression) dengan aplikasi program SPSS 15. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel yang berpengaruh signifikan terhadap auditor switching adalah ukuran KAP. Sedangkan variabel-variabel lain yang diteliti dalam penelitian ini seperti pergantian manajemen, financial distress, presentase perubahan ROA, ukuran klien, share growth tidak terbukti berpengaruh terhadap keputusan perusahaan untuk melakukan auditor switching.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: Rak B200/2012-16
Uncontrolled Keywords: auditor switching, pergantian manajemen, financial distress, presentase perubahan ROA, ukuran KAP, ukuran klien, share growth
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 17 Apr 2012 07:02
Last Modified: 26 Jun 2012 11:13
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17997

Actions (login required)

View Item View Item