Pengaruh Partisipasi Penyusunan Anggaran Terhadap Kinerja Aparat Pemerintah Daerah: Budaya Organisasi Dan Komitmen Organisasi Sebagai Variabel Moderating (Survei Pada Pns Pemerintah Daerah Kabupaten Boyolali)

Sundari, Sundari (2012) Pengaruh Partisipasi Penyusunan Anggaran Terhadap Kinerja Aparat Pemerintah Daerah: Budaya Organisasi Dan Komitmen Organisasi Sebagai Variabel Moderating (Survei Pada Pns Pemerintah Daerah Kabupaten Boyolali). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan )
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (7MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (30kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (449kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (101kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (17kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Peningkatan partisipasi setiap aparatur pemerintah daerah dalam penyusunan anggaran dimaksudkan untuk lebih meningkatkan kinerja aparatur tersebut. Hal ini karena aparatur dapat menerima dan melaksanakan secara penuh tanggung jawab atas anggaran yang penyusunannya telah dilimpahkan kepadanya. Ditambah dengan adanya budaya organisasi yang berorientasi pada orang serta komitmen organisasi yang tinggi yaitu aparatur terdorong untuk berbuat sesuatu agar dapat menjunjung keberhasilan organisasi dan lebih mengutamakan kepentingan organisasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh budaya organisasi dan komitmen organisasi terhadap hubungan partisipasi dalam penyusunan anggaran dengan kinerja aparatur. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan menggunakan data primer yang diperoleh melalui kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai pemerintah atau pegawai negeri sipil di lingkungan pemerintah daerah Kabupaten Boyolali. Jumlah sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah 36 aparatur yang diambil dengan tehnik conviniance sampling. Data diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada responden. Skor hasil kuesioner diuji validitas dan reabilitas. Data dianalisis menggunakan pengujian asumsi klasik dan analisis regresi ganda, uji t, uji F, uji koefisien determinasi. Hasil penelitian memperoleh hasil sebagai berikut: (1) Partisipasi penyusunan anggran berperan positif terhadap kinerja aparat dan

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: partisipasi penyusunan anggaran, kinerja, budaya organisasi, komitmen organisasi
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 17 Apr 2012 06:46
Last Modified: 17 Apr 2012 10:17
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17995

Actions (login required)

View Item View Item